Internasional

Gokil! Erdogan & Elon Musk 'Duet Maut' Garap Proyek Ini

Tech - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
29 January 2021 14:38
FILE PHOTO: Tesla Motors CEO Elon Musk talks at the Automotive World News Congress at the Renaissance Center in Detroit, Michigan, U.S., January 13, 2015. REUTERS/Rebecca Cook/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan disebut akan berduet dengan pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Bukan sebagai presiden dan wakil presiden tentunya, keduanya akan bermitra soal teknologi luar angkasa.

Dikutip Daily Sabah, Direktorat Komunikasi Presidensial Turki menyatakan bahwa Erdogan melakukan diskusi melalui sambungan telepon dengan Musk. Mereka membicarakan rencana ke depan dan potensi joint venture  dalam teknologi antariksa.


Erdogan menginginkan ada kemitraan antara perusahaan BUMN Turki di bidang luar angkasa dengan SpaceX milik Musk. Tak lama setelah pernyataan istana, Erdogan pun membenarkan secara pribadi dengan membagikan beberapa detail tentang pembicaraannya dengan Musk.


"Kami akan terus mengikuti perkembangan teknologi, baik di negara kami maupun di dunia, dan terus mendukung setiap langkah yang akan menguntungkan rakyat kami," tulis presiden yang juga pemimpin Muslim terkuat itu pada akun media sosialnya, dikutip Jumat (29/1/2021).



Diskusi itu datang beberapa minggu setelah Turki meluncurkan satelit komunikasinya Türksat 5A ke orbit menggunakan roket Falcon 9 SpaceX. Turki akan memiliki tujuh satelit aktif di luar angkasa setelah Türksat 5A masuk ke orbit.

Dari satelit yang saat ini berada di luar angkasa, tiga digunakan untuk komunikasi, yaitu Türksat 3A, Türksat 4A dan Türksat 4B. Sedangkan tiga lainnya, Göktürk-1, Göktürk-2 dan Rasat, untuk observasi dan penelitian.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading