iPhone 12 Bikin Apple Menang Banyak, Huawei 'Berdarah-darah'

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
28 January 2021 11:49
iPhone 12 & iPhone 12 mini (Official iPhone)

Jakarta, CNBC Indonesia - Apple Inc menjadi penjual smartphone terbanyak di dunia pada kuartal IV-2020. Sementara Huawei menderita karena sanksi Amerika Serikat.

Berdasarkan data IDC, pada kuartal IV-2020 Apple menguasai seperempat penjualan ponsel dunia. Pengiriman Apple melonjak 22% dari kuartal yang sama periode sebelumnya menjadi 90,1 juta ponsel dan menguasai 23,4% pangsa pasar.

Salah satu pendorong melonjaknya pengiriman iPhone 12 adalah pasar Greater China, yang mencakup Hong Kong dan Taiwan, yang melonjak 57% pada kuartal IV-2020.


"Kami memiliki dua dari tiga smartphone terlaris di perkotaan China," ujar CEO Apple Tim Cook seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/1/2021). "Mereka yang memperbaharui smartphone miliknya membuat penjualan kami mencetak rekor sepanjang masa di China."

Pengiriman iPhone pada kuartal IV-2020 melampai Samsung yang hanya mengirimkan 73,9 juta unit ponsel atau meningkat 6,2% secara tahunan.

Adapun pengiriman ponsel Huawei anjlok 42,4% menjadi 32,3 juta. Ini dampak dari kebijakan AS yang melarang penjualan perangkat yang menggunakan teknologi AS ke Huawei tanpa izin dari Departemen Perdagangan AS.

Hal ini membuat pasokan chipset ponsel ke Huawei menjadi seret sehingga produksi ponsel tak maksimal. Huawei juga tak mendapat lisensi Android yang buat smartphone miliknya tak mendapatkan Google Play Store, YouTube, Gmail, hingga Maps di ponselnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading