Studi Kanada: Obat Asam Urat Diklaim Ampuh Obati Covid-19

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
24 January 2021 09:15
Tower 9 wisma atlet pademangan siap tampung pasien Covid-19. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah uji klinis dari lembaga kesehatan di Kanada menunjukkan obat inflamasi yang disebut Colchicine efektif dalam mengobati virus Covid-19 dan mengurangi risiko komplikasi dari penyakit tersebut.

Hasil penelitian Montreal Heart Institute (MHI) mengungkapkan bahwa obat Colchicine ini yang dikenal untuk pengobatan radang sendi, asam urat, berdasarkan penemuan ilmiah, bisa mengobati pasien Covid-19.

"Obat oral pertama di dunia yang dapat digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakit," kata MHI, dalam sebuah pernyataan pada Jumat malam (22/10), dikutip The Straits Times, Minggu (24/1).


"Hasil studi menunjukkan bahwa Colchicine mengurangi 21 persen risiko kematian atau risiko rawat inap pada pasien Covid-19 dibandingkan dengan plasebo," tulis MHI.

Penelitian dilakukan di Kanada, AS, Eropa dan Amerika Selatan di antara populasi 4.488 pasien.

Studi ini menyimpulkan, pada 4.159 pasien ini, yang diagnosis Covid-19 dibuktikan dengan tes PCR nasofaring, penggunaan Colchicine mengurangi rawat inap hingga 25%, kebutuhan ventilasi mekanis hingga 50%, dan kematian sebesar 44%.

Dr Jean-Claude Tardif, Direktur Pusat Penelitian MHI dan peneliti utama dalam penelitian ini, mengatakanĀ ColchicineĀ efektif dalam mencegah sindrom peradangan berbahaya yang disebut "badai sitokin" dan mengurangi komplikasi yang terkait dengan Covid-19.

"Kami senang menawarkan pengobatan oral pertama di dunia yang penggunaannya dapat berdampak signifikan pada kesehatan masyarakat dan berpotensi mencegah komplikasi Covid-19 bagi jutaan pasien," kata Tardif.

Penelitian dilakukan di antara pasien Covid-19 yang tidak dirawat di rumah sakit pada saat pendaftaran dalam percobaan, dan dengan setidaknya satu faktor risiko komplikasi Covid-19.

"Ini adalah studi terbesar di dunia yang menguji obat yang diberikan secara oral pada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit dengan Covid-19," kata lembaga jantung itu.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading