Hore! Vaksin Pfizer Mampu Sikat Varian Baru Corona Inggris

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
21 January 2021 12:14
System Pharmacy Clinical Manager at Hartford HealthCare Colleen Teevan prepares the Pfizer-BioNTech vaccine for COVID-19 to give to a front line worker outside of Hartford Hospital, Monday, Dec. 14, 2020, in Hartford, Conn. (AP Photo/Jessica Hill)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin BNT162b2 buatan Pfizer-BioNTech kemungkinan mampu melawan mutasi baru virus corona yang ditemukan di Inggris. Ini merupakan hasil penelitian kedua perusahaan.

Varian baru virus corona yang dikenal dengan nama B.1.1.7 diperkirakan pertama kali muncul di Inggris pada September 2020. Varian ini disebut 70% lebih menular dari varian sebelumnya.

Berdasarkan publikasi laporan Pfizer-BioNTech di server pracetak bioRxiv disebutkan "tidak ada perbedaan yang signifikan secara biologis dalam aktvitas netralisasi" antara tes laboratorium pada B.1.1.7 dengan strain asli virus corona, seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (21/1/2021).


Studi yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, menemukan bahwa semua mutasi yang terkait dengan varian yang baru ditemukan dinetralkan oleh antibodi dalam darah 16 peserta yang sebelumnya telah diberi vaksin. Setengah dari peserta berusia 18 hingga 55 tahun dan setengah lainnya berusia 56 hingga 85 tahun.

Penulis studi tersebut memperingatkan bahwa penyebaran cepat varian Covid di seluruh dunia memerlukan "pemantauan berkelanjutan untuk memberikan perlindungan yang baik dengan vaksin resmi saat beredar saat ini."

Sebelumnya Moderna dan AstraZeneca, yang telah mengembangkan vaksin Covid bekerja sama dengan Universitas Oxford, mengatakan bahwa mereka mengharapkan vaksin mereka efektif melawan B.1.1.7.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading