Penanganan Covid-19

Jokowi Kebut Vaksinasi Covid: 1 Juta Orang Per Hari Disuntik

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
21 January 2021 10:23
Infografis: Pak Jokowi, Orang Miskin RI Bertambah Jadi 26,42 Juta

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berbicara soal vaksinasi Covid-19. Menurut Jokowi, program ini bisa tuntas dalam waktu kurang dari setahun. Demikian dipaparkannya dalam 11th Kompas100 CEO Forum yang berlangsung secara virtual, Kamis (21/1/2021).

"Kemudian yang berkaitan dengan vaksinasi. Kunci yang kedua vaksinasi, bagaimana bisa dipercepat, bagaimana bisa dilakukan sebanyak-banyaknya dalam tempo yang secepat-cepatnya," ujarnya.

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki kekuatan dalam wujud 30.000 vaksinator, 10.000 puskesmas, dan 3.000 rumah sakit. Ia pun memaparkan kalkulasinya.




"Katakanlah ini itung-itungan ada 30.000 vaksinator, 1 hari bisa mengerjakan 30 orang yang divaksin, sehari artinya sudah hampir 1 juta. ini angka yang besar sekali. Ini kekuatan kita ada di sini. Negara lain gak punya, puskesmas nggak punya. Tiap tahun juga melaksanakan vaksinasi imunisasi terhadap anak-anak kita," ujar Jokowi.

"Oleh sebab itu, ini terus kita dorong dan juga kesiapan vaksinnya jangan sampai terlambat. Ini kenapa pernah saya bilang sebetulnya tidak ada setahun harusnya vaksinasi kita ini sudah bisa kita selesaikan. Karena angka-angkanya yang saya hitung kita bisa," lanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading