Ini Kebijakan Vaksin Covid yang Bikin Bencana Besar Versi WHO

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 January 2021 06:57
Brasil akhirnya menyetujui penggunaan darurat vaksin corona China Sinovac Biotech Ltd. (AP/Carla Carniel)

Jakarta, CNBC Indonesia - General Director World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dunia diambang bencana besar kegagalan moral dampak dari kebijakan vaksin Covid-19 yang tidak adil yang membuat pandemi berlangsung lama.

Kebijakan vaksin Covid-19 yang tidak adil itu adalah ketika negara maju dengan kekuatan finansialnya memborong vaksin dan memberikannya kepada warga negaranya sementara negara miskin dan berkembang tak mendapatkan akses ke vaksin.

Tedros Adhanom mengatakan tidak adil bila orang muda dan sehat di negara kaya mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 sementara banyak orang di negara miskin yang rentan terinfeksi virus ini tak mendapatkan vaksin.


"Saya harus terus terang: dunia berada di ambang bencana besar kegagalan moral - dan harga dari kegagalan ini akan dibayar dengan nyawa dan mata pencaharian di negara termiskin di dunia," Ucap Tedros seperti dilansir dari BBC, Rabu (20/1/2021).

"Pada akhirnya tindakan ini hanya akan memperpanjang pandemi, pembatasan yang diperlukan untuk mengatasinya, serta penderitaan manusia dan ekonomi."

Tedros juga meminta komitmen penuh dari lembaga berbagi vaksin global yang diprakarsai WHO serta sekelompok advokasi vaksin internasional, Covax. Lembaga diminta untuk memastikan setiap negara mendapatkan vaksin pada Hari Kesehatan Dunia pada 7 April 2021 mendatang.

Hingga saat ini ada lebih dari 180 negara ikut dalam Covax. Dari jumlah itu terdapat 92 negara merupakan negara berpenghasilan rendah atau menengah yang akan mendapatkan vaksinasi setelah dibayarkan melalui dana sponsor pendonor.

"Kami telah mendapatkan dua miliar dosis dari lima produsen, dengan opsi lebih dari satu miliar dosis lebih banyak dan kami bertujuan untuk memulai pengiriman pada Februari," jelasnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya soal Nasionalisasi Vaksin Covid-19 >>>

Nasionalisme Vaksin Bawa Bencana
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading