FaceApp Viral di Tiktok, Apakah Aman di-Download?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
18 January 2021 16:43
Cara Download FaceApp Pro untuk Hilangkan Watermark di Foto (Screenshot Play Store)

Jakarta, CNBC Indonesia - FaceApp kembali viral, jika sebelumnya di media sosial lain seperti Instagram kali ini berada di Tiktok. Lalu amankah untuk didownload?

Aplikasi ini dapat diunduh gratis baik di iOS maupun Android dan ini perlu jadi catatan bagi pengguna yang akan mengunduhnya. Ahli keamanan siber dari ESET, Jake Moore juga mengingatkan jika platform gratis akan ada sesuatu sebagai gantinya.

"Saat sesuatu itu gratis, Anda harus selalu bertanya pada diri sendiri apa untungnya bagi pemilik aplikasi dan bagaimana mereka menghasilkan uang?" kata Moore dikutip Forbes, Senin (18/1/2021).


Dia mengingatkan pengguna untuk membaca persyaratan penggunaan seluruh aplikasi. Menurutnya terkadang perusahaan punya tujuan tersembunyi untuk mendapatkan informasi secara massa seperti melatih algoritma pengenalan wajah atau mempelajari hubungan dengan kontak.

Head of Individual Rights and Ethics di Protecture, Rowenna Fielding mengatakan kemungkinannya adalah FaceApp, seperti banyak layanan gratis lain, akan melakukan ekstraksi data sekunder. Penggunaan kebijakan itu juga di luar dari fungsi aplikasi.

Hapus data di FaceApp juga tidak sederhana. Laporan The Washington Post, menghapus aplikasi tidak membuat data sep[erti foto yang dimiliki FaceApp menjadi hilang.

Goncharov menambahkan FaceApp memiliki layanan untuk meminta penghapusan data pengguna. Namun menurutnya prosesnya terlalu berbelit-beli.

FaceApp Bantah Kumpulkan Data Pengguna
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading