Brasil Tak Larang 5G Huawei, Bolsonaro Khianati Trump?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 January 2021 14:52
Infografis/ Bersiap koneksi Internet makin cepat! Ini 3 Operator Telko Pemenang Frekuensi 5G DI RI/ Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Brasil tidak akan berusaha memblokir raksasa teknologi China, Huawei Technologies Co Ltd dalam lelang jaringan 5G yang dijadwalkan Juni 2021.

Ini merupakan laporan dari surat kabar Brasil Estoda de S Paulo mengutip seorang sumber di pemerintahan dan industri telekomunikasi dan dilansir CNBC Indonesia dari Reuters, Minggu (17/1/2021).

Dalam laporan tersebut Presiden Brasil Jair Bolsonaro disebut membatalkan rencana untuk melarang Huawei setelah perhitungan adanya potensi biaya miliar dolar yang harus ditanggung operator Brasil buat selenggarakan 5G dan selesainya masa jabatan sekutunya Presiden AS Donald Trump.


Seperti Trump, Jair Bolsonaro menentang Huawei dengan alasan perusahaan teknologi ini berbagai data rahasi dengan pemerintah komunis China. Tudingan ini tak pernah terbukti.

Namun dengan China sebagai mitra dagang terbesar Brasil dan Huawei menawarkan harga yang lebih murah, Jair Bolsonaro telah mendapat tentangan dari pelaku industri telekomunikasi dan Wakil Presiden Hamilton Mourao untuk melarang Huawei.

Media Estado de S. Paulo mengutip Wakil Presiden Hamilton Mourao yang mengatakan semua perusahaan yang memberikan jaminan yang diperlukan untuk menghormati kedaulatan nasional Brasil dan perlindungan data akan diizinkan untuk menawarkan peralatan 5G di negara tersebut.

Bulan lalu, sumber Reuters mengatakan bahwa pemerintah Jair Bolsonaro sedang mencari cara legal untuk mengecualikan Huawei dari jaringan 5G di Brasil.

Pada November 2020, Brasil menyatakan dukungannya pada inisiatif Clean Network yang dicetuskan Presiden Donald Trump untuk mengecualikan teknologi yang dianggap Amerika Serikat telah dimanipulasi oleh Pemerintah China.

Pemerintah AS sendiri telah menawarkan bantuan keuangan pada operator telekomunikasi Brasil guna mendorong mereka untuk membeli perangkat telekomunikasi dari produsen dunia barat seperti Nokia dan Ericsson, bukan Huawei.

Menjelang lelang spektrum 5G tahun depan, empat perusahaan telekomunikasi teratas Brasil sudah menguji peralatan Huawei dan mereka enggan mengurangi opsi.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading