Cara Pakai Aplikasi Signal, Pengganti WhatsApp & Telegram

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
13 January 2021 13:37
Aplikasi Signal

Jakarta, CNBC Indonesia - Nama aplikasi bertukar pesan Signal Messenger tiba-tiba jadi naik daun. Hal ini terjadi sesaat setelah WhatsApp mengeluarkan kebijakan privasi terbaru yang salah satunya menyebutkan akan ada data yang dibagi dengan induk perusahaannya, Facebook.

Signal jadi salah satu pilihan pengguna yang ingin meninggalkan WhatsApp. Termasuk CEO Tesla, Elon Musk yang mengajak menggunakannya dengan mengunggah tweet 'Gunakan Signal (use Signal)' awal bulan ini.

Laporan Reuters menyatakan pengguna Signal juga melonjak 18 kali sejak pengumuman kebijakan privasi baru WhatsApp. Saat ini aplikasi itu memiliki lebih dari 800 ribu unduhan per hari.


Jika tertarik untuk menggunakan Signal, simak cara menggunakannya seperti dikutip CNBC Internasional, Rabu (13/1/2021).

1. Unduh Signal ke ponsel yang saat ini juga sudah tersedia untuk pengguna iPhone maupun Android.

2.Setelah itu untuk pendaftaran tinggal masukan nomor ponsel. Signal akan mengirimkan SMS untuk meverifikasi pengguna.

3.Masukkan kode yang diterima dalam SMS.

4.Lalu klik 'Register Without Transferring;. Namun bagi yang sudah pernah menggunakannya bisa memilih menu 'Transfer from iOS device' untuk mengunduh percakapan lama. 

5.Setelah masuk ke laman utama Signal, untuk menuliskan pesan bisa tekan ikon pencil di bagian kanan atas.

6.Untuk mengundang keluarga atau teman yang belum menggunakan Signal dengan menekan menu 'Invite Friends to Signal'. Akan ada email atau SMS berisi link to melakukan download aplikasi. 

7.Setelah mereka sudah menjadi pengguna Signal, kamu sudah bisa memulai percakapan dengan menggunakan ikon pencil yang sama.

8.Signal juga memiliki fitur percakapan grup, pesan yang dibaca, link untuk mengirimkan pesan audio, stiker, hingga foto.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading