Gantikan WhatsApp, Aplikasi Signal Buatan Mana?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
11 January 2021 11:46
Aplikasi Signal

Jakarta, CNBC Indonesia - Bos Tesla Elon Musk menganjurkan penggunanya untuk menggunakan Signal Messenger. INi sebagai bentuk protes atas kebijakan privasi baru WhatsApp yang mentransfer data pengguna ke Facebook.

Anjuran ini dituliskan Elon Musk melalui akun pribadinya @elonmusk pada 7 Januari 2021. "Gunakan Signal," tulis Elon Musk seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (11/1/2021).

Informasi saja, kebijakan privasi baru WhatsApp yang berlaku 8 Februari 2021 disebutkan sejumlah data pengguna WhatsApp akan ditransfer ke Facebook termasuk IP adress, nomor ponsel, jaringan seluler, data transaksi, zona waktu hingga data hardware.


Lantas Signal buatan mana? Signal Messenger adalah apalikasi bertukar pesan (chatting) gratis. Seperti WhatsApp dan Telegram, Aplikasi ini sudah tersedia di App Store dan Google Play Store.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kamu tinggal download aplikasi masukkan nomor telepon dan foto profil. Aplikasi memiliki fitur bertukar pesan, suara, video dan berbagi lainnya.

Signal sangat menjaga keamanan dan privasi pengguna. Mengutip Mashable, Senin (11/1/2021), Signal menggunakan fitur keamanan end-to-end encryption yang lebih baik dari yang dipakai WhatsApp. Bahkan para aktivis privasi merekomendasikan Signal untuk berbagi pesan.

Signal Messenger diluncurkan pada 2013 silam oleh Moxie Marlinspike. Saat ini penggunanya sudah tembus 10 juta lebih. Manajemen menjanjikan tidak akan ada iklan pada aplikasi ini.

Pada 2018 mantan pendiri WhatsApp Brian Acton bergabung sebagai chairman Signal Foundation dengan menyuntikkan dana sebesar US$50 juta untuk mendanai aplikasi ini.

Brian Acton meninggal WhatsApp pada 2017 karena tak sepakat dengan rencana Facebook menghasilkan uang dari WhatsApp. Facebook ingin mengejar iklan digital yang berarti data pengguna harus dikumpulkan sementara Brian Action agar data pengguna tak diusik, WhatsApp cari uang dari biaya berlangganan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading