Simak! Persiapan Jokowi Sebelum Disuntik Vaksin Covid Besok

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 January 2021 14:22
Presiden Joko Widodo dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian Tahun 2021, 11 Januari 2021 (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekretariat Presiden saat ini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan perihal keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan pihak Istana Kepresidenan bersama Kementerian Kesehatan akan mengatur tata cata vaksinasi Presiden.

"Rencana besok pagi penyuntikan vaksin perdana untuk Presiden. Kami sedang mempersiapkan, berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pengaturan tata cara vaksinasi," kata Bey, Selasa (12/1/2021).


Bey mengatakan, proses vaksinasi akan disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden. Meski demikian, belum diketahui secara pasti lokasi penyunttikan vaksin bagi kepala negara.

"Besok saat penyuntikan perdana juga akan disiarkan secara live streaming," katanya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan proses vaksinasi akan dilakukan pada Rabu, 13 Januari 2020. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi orang pertama yang divaksin.

"Insya Allah bapak ibu kita akan mulai hari Rabu dan akan dimulai oleh bapak Presiden," kata Budi.

Budi mengemukakan, vaksin pun telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dalam waktu dekat, izin penggunaan darurat pun akan segera diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Sekali lagi, pemerintah tidak akan mendahului persetujuan BPOM karena BPOM adalah badan independen yang secara spesifik berhak menentukan apakah vaksin ini layak atau tidak," katanya.

Sebagai informasi, BPOM sendiri telah mempublikasikan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading