Gojek Merger dengan Tokopedia, Apa Untungnya?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
05 January 2021 12:50
[THUMB] Grab Merger dengan Tokopedia

Jakarta, CNBC Indonesia - Jika Tokopedia dan Gojek bersatu, posisi bisnis keduanya akan semakin kuat. Direktur Indonesia ICT Institute, Heru Sutadi menyebutkan salah satunya adalah pengiriman barang instan Tokopedia yang selama ini masih belum maksimal bisnisnya.

"Gojek akan perkuat bisnis retail dan logistik. Tokopedia akan juga menjadi Tokopedia Food dan pengiriman barang instan yang selama ini masih terkendala dan belum maksimal bisnisnya," kata Heru kepada CNBC Indonesia, Selasa (5/1/2021).

Dia menyebutkan penggabungan keduanya akan memperkuat dari segi ekosistem dan portofolio bisnis keduanya, yakni yang mencakup ride-hailing serta turunan bisnisnya dan pembayaran online hingga e-commerce.


Selain itu, dengan merger kemungkinan Tokopedia bisa menjadi decacorn menyusul Gojek. Sebelumnya perusahaan ride hailing mencatatkan valuasi di atas US$10 miliar dan mencatatkan diri menjadi perusahaan decacorn pertama di tanah air.

"Dan menurut analisis, penggabungan ini cocok karena memperkuat ekosistem kedua perusahaan dan ujungnya makin mengukuhkan posisi keduanya dalam bisnis digital di Indonesia, dimana Tokopedia akan menjadi next decacorn juga menyusul Gojek," ungkap dia.

Dia memang tak menampik jika jalan keduanya untuk merger masih panjang dan berliku. Padahal Gojek dan Tokopedia sudah saling pendekatan sejak 2018 lalu.

Heru beralasan setelah uji tuntas selesai, karena masih ada perjanjian bersyarat. Keduanya juga kemudian akan memuat perjanjian penggabungan akhir.

Heru menyatakan jika merger ini terjadi maka ini akan aksi korporasi yang melibatkan uang dalam jumlah besar. "Kalau benar penggabungan ini terjadi, maka ini merger yang cukup besar karena mencapai US$18 miliar atau setara Rp225 triliun," kata Heru.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading