Alert! Varian Baru Corona Asal Inggris Ditemukan di China

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
31 December 2020 17:00
China

Jakarta, CNBC Indonesia - Pejabat kesehatan China mengkonfirmasi kasus pertama varian baru virus corona asal Inggris. Pasien pertama varian baru corona di China merupakan seorang wanita berusia 23 tahun dari Shanghai.

Wanita itu tiba dari Inggris pada 14 Desember 2020. Pada saat kedatangan ia langsung dirawat di rumah sakit karena menunjukkan gejala ringan, seperti dikutip dari catatan penelitian milik Chinese Center for Disease Control, AFP melaporkan, Kamis (31/12/2020).

Kemudian para pakar kesehatan China melakukan pengurutan genetik menggunakan sampel tes wanita tersebut pada 24 Desember, ditemukan varian yang berbeda dengan yang ditemukan di Wuhan atau Shanghai sebelumnya.


Pengujian lebih lanjut juga mengkonfirmasi varian tersebut adalah B.1.1.7 yang telah menyebar di Inggris sejak Oktober 2020.

INFOGRAFIS, Ini Gejala Corona Varian BaruFoto: Infografis/ Gejala Corona Varian Baru/ Edward Ricardo

China sendiri telah menangguhkan penerbangan dari dan ke Inggris mulai 24 Desember 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan karena temuan varian baru virus corona ini.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan varian ini kemungkinan"70% lebih menular daripada versi asli penyakit itu." Namun sejauh ini belum ada bukti varian baru ini meningkatkan risiko kematian.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading