Awas! WHO Bongkar 4 Varian Baru Corona yang Jangkiti Dunia

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 January 2021 11:07
Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - World Health Organization (WHO) setidaknya telah mendapat laporan akan adanya empat varian baru virus corona yang menyebar di dunia pada 2020.

Virus corona menjadi pandemi sejak pertengahan 2020 karena virus ini sudah masuk ke hampir semua negara. Hingga kini sudah ada 82 juta lebih masyarakat dunia yang terjangkit virus corona Covid-19 dan lebih dari 1 juta korban meninggal.

Berikut daftar varian baru virus corona Covid-19 yang menyebar di dunia pada 2020:


1. Mutasi corona D614G

Menurut WHO, SARS-CoV-2 dengan substitusi D614G dalam kode protein lonjakan ditemukan di akhir Januari atau awal Februari lalu. Lalu selama beberapa bulan, mutasi D614G menggantikan strain SARS-CoV-2 yang pertama kali ditemukan di China.

Pertengahan tahun atau bulan Juni, mutasi menjadi lebih dominan ditemui secara global, kata WHO, dikutip India Today, Senin (4/1/2021).

Menurut para peneliti, strain kedua dari D614G tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah atau mengubah keefektivan vaksin atau pencegahan yang terjadi di masyarakat.

2. Cluster 5

Di bulan Agustus dan September 2020, muncul varian baru yang disebut sebagai Cluster 5 dan ditemukan di wilayah Jutlandia Utara, Denmark. Hanya ada 12 kasus penyakit pada varian ini yang ditemukan di manusia.

Berlanjut ke halaman baru varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris.

Varian Baru virus Corona Lainnya Menurut WHO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading