Duh! Ini Bahaya Varian Baru Virus Corona Inggris Bagi Anak

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
22 December 2020 10:15
Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian baru virus corona ditemukan di Inggris. Untuk kali ini, penyakit ini membuat anak-anak sama rentannya untuk tertular dengan orang dewasa.

Para peneliti dari New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group atau NERVTAG menyatakan jika varian baru ini berbeda dengan jenis virus yang ada sebelumnya.

"Sekarang kami memiliki kepercayaan yang tinggi jika varian ini memiliki keunggulan transmisi dibandingkan dengan varian virus yang sudah ada di Inggris," ungkap Ketua NERVTAG dan profesor penyakit menular di Universitas Oxford, Peter Horby, dikutip Reuters, Selasa (22/12/2020).


Profesor NERVTAG lainnya, Wendy Barclay mengatakan adanya perubahan cara masuk virus pada saat masuk sel manusia yang membuatnya anak-anak menjadi rentan.

Anggota NERVTAG dan ahli epidemiologi di Imperial College London, Neil Ferguson menyatakan kecenderungan virus untuk menularkan pada anak-anak sudah dilihat peneliti dalam data. Namun dia menambahkan jika mereka belum menetapkan sebuah kausalitas atas hal tersebut.

Ferguson juga menambahkan tim peneliti perlu mengumpulkan tambahan data untuk melihat varian virus di masa depan.

"Kami akan mengumpulkan lebih banyak data untuk melihat perilakunya di masa datang," ungkapnya.

Sebagai informasi, virus corona terbaru itu ditemukan di Inggris bagian selatan dan menurut para peneliti siap menyebar ke seluruh dunia.

Varian baru ini, menurut para peneliti menyebabkan hingga 70% lebih bisa ditularkan daripada strain yang ada sebelumnya di Inggris. Dengan temuan ini juga membuat sejumlah negara menutup akses perbatasan dengan Inggris dan menetapkan pembatasan selama Natal.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading