Klaim-klaim Vaksin Corona AstraZeneca Setara Pfizer & Moderna

Tech - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
27 December 2020 20:00
(AP Photo/Kirsty Wigglesworth/FILE)

Jakarta, CNBC IndonesiaVaksin Covid-19 AstraZeneca (hasil kerja sama dengan Universitas Oxford) diklaim telah memperoleh formula terbaik. Tidak hanya itu, vaksin itu pun diklaim telah mencapai kemanjuran setara dengan Pfizer-BioNTech pada 95% dan Moderna 94,5% dari hasil uji coba klinis.

Klaim demi klaim itu disampaikan Chief Executive AstraZeneca Pascal Soriot seperti dilaporkan AFP, Minggu (27/12/2020).

Saat ini, vaksin tersebut sedang dalam tahap evaluasi oleh regulator obat independen setempat, yakni Medicine and Healthcare Products Regulatory Agency (MHRA).

"Kita telah mendapatkan formula terbaik dengan kemanjuran tinggi setelah dua dosis," kata Soriot. "Vaksin ini memberikan perlindungan 100% terhadap penyakit Covid-19 yang parah, dan membutuhkan rawat inap," lanjutnya.

Persetujuan terhadap vaksin AstraZeneca diprediksi akan keluar pada Senin (28/12/2020) mendatang.



Asal tahu saja, vaksin Pfizer-BioNTech menjadi vaksin pertama yang mendapat persetujuan untuk melakukan vaksinasi masal oleh regulator independent obat Inggris. Vaksinasi telah dilakukan terhadap ratusan orang yang membutuhkan dari bulan lalu.

Oleh karena itu, pemerintah berharap vaksin AstraZeneca memenuhi persyaratan dari regulator. Ini karena pemerintah telah memesan 100 juta dosis vaksin.

Soriot menambahkan, uji coba sebelumnya telah menunjukkan hasil yang bervariasi dalam tingkat kemanjuran suntikan. Vaksin pada awalnya menunjukkan tingkat kemanjuran rata-rata 70%. Tapi tingkat itu melonjak menjadi 90% tergantung pada dosis yang diberikan.

"Kami terkejut dengan temuan awal itu," kata Soriot.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading