Pernah Bangkrut, Startup Internet Satelit Ini Tantang SpaceX

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
23 December 2020 09:45
OneWeb Kantongi Dana Investasi USD 1,25 Miliar (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - OneWeb, startup konstelasi satelit internet asal Inggris sempat menyatakan bangkrut. Namun kini mereka kembali bangkit dan sukses meluncurkan satelit internet ke angkasa.

Sebanyak 36 satelit diluncurkan ke orbit pada akhir pekan lalu dengan roket Soyuz Rusia, yang dibeli OneWeb dari perusahaan kedirgantaraan Eropa Arianespace.

Satelit ini akan bergabung dengan 74 satelit lainnya di luar angkasa yang telah di luncurkan One Web sebelum mengumumkan kebangkrutan pada Maret 2020 dengan alasan sulit mendapat pendanaan sebab investor mengencangkan ikat pinggang pada awal pandemi Covid-19.


Akibat kondisi ini OneWeb menghentikan sebagian besar operasionalnya pada 2020 untuk melakukan restrukturisasi bisnis. Saat ini pemegang saham terbesar OneWeb adalah SoftBank.

Setelah bangkrut dan melakukan restrukturisasi, Pemerintah Inggris dan Bharti Global yang berbasis di India kini menjadi pemegang saham utama setelah menyuntikkan dana segar US$1 miliar, seperti dikutip dari CNNInternational, Rabu (23/12/2020).

Membangun konstelasi besar satelit yang memancarkan internet bukanlah hal yang mudah. Pada tahun 1990-an beberapa perusahaan sudah pernah mencoba dan gagal. Semuanya bangkrut dan menyerah dengan asalan biaya jauh lebih mahal dari yang diperkirakan.

Tetapi Elon Musk mencoba lagi ide ini melalui SpaceX yang telah meluncurkan 1.000 satelit dan sedang melakukan uji coba tahap awal dan berharap mengkomersialkan layanan ini tahun depan.

OneWeb sendiri berencana membuat konstelasi satelit buat internet dengan 650 satelit dan akan meluncurkan layanan internernya pada akhir 2021 dan akan fokus pada pelanggan korporat ketimbang konsumen ritel.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading