Harga Rapid Test Antigen Maksimal Rp 275.000, Ada Lebih Murah

Tech - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
18 December 2020 18:30
Sejumlah penumpang mengantre untuk melakukan pemeriksaan kesehatan Rapid Antigen dan Swab PCR di Terminal 3, Soekarno Hatta, Jumat (18/12/2020).  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah resmi menetapkan harga tertinggi rapid test antigen swab Rp 250 ribu untuk pulau Jawa, dan Rp 275 ribu untuk luar pulau Jawa.

Angka tersebut tidak bisa lebih tinggi, namun masyarakat bisa mendapatkan harganya lebih murah, utamanya bagi rumah sakit yang sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Besaran tarif tertinggi sebagaimana dimaksud tidak berlaku bagi fasilitas kesehatan yang mendapatkan hibah atau bantuan, alat reagen, APD atau BHP dari pemerintah," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Azhar Jaya dalam konferensi pers bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BKPP) di kantor BPKP, Jakarta, Jumat (18/12/2020).


Karena itu, regulasi yang telah diterapkan ini harus diikuti oleh seluruh rumah sakit maupun klinik yang ada di Indonesia. Utamanya klinik atau rumah sakit swasta yang tidak mendapatkan bantuan subsidi. Sementara yang mendapat maka perlu ada penyesuaian.

"Kami dalam menghitung komponen biaya secara umum, ini tarif tertinggi, jika pemerintah memberikan bantuan subsidi, tarif ini jadi enggak berlaku. Kalau fasilitas kesehatan dapat bantuan poin ini enggak berlaku, bahkan harusnya lebih rendah," jelas Azhar.

Sementara itu, Direktur Pengawasan Bidang Pertahanan dan Keamanan BPKP Faisal menyebut proses pembentukan harga ini telah melihat banyak aspek, yakni biaya tenaga medis, biaya barang habis pakai, termasuk memperhitungkan keuntungan wajar yang bisa diambil. Selama dua hari ada diskusi yang melibatkan BPKP dan Kemenkes, termasuk biaya setelah subsidi.

"Karena komponen biaya yang paling besar itu di reagen anti gen. Kalau bisa disubsidi Pemda atau pemerintah untuk beberapa kasus tertentu, misal untuk masyarakat tidak mampu mungkin ini bisa dorong lebih murah lagi. Prinsipnya kalau ada subsidi dari pemerintah bisa tekan harga," sebutnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading