Alat Tes Corona Ini Keluarkan Hasil dalam 15 Menit, Harganya?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 August 2020 10:31
INFOGRAFIS, Pengembangan Vaksin Covid Masih Berlanjut

Jakarta, CNBC Indonesia - Abbott Laboratories mengatakan pihaknya telah memenangkan hak untuk menjual tes antigen Covid-19 portabel yang bisa memberikan hasil dalam 15 menit. Produk ini akan dijual seharga US$5 atau setara Rp 214 ribu.

Tes portabel seukuran kartu kredit ini tidak memerlukan peralatan tambahan untuk beroperasi, dan dapat dilakukan dengan menggunakan usap hidung.

Alat tersebut diberi nama BinaxNOW COVID-19 Ag Card. Perusahaan menargetkan pengiriman puluhan juta alat tes pada September.


Alat tes ini diharapkan bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada pertemuan besar, ketika anak kembali ke sekolah, atau ketika kembali bekerja di kantor.

Abbott membuat aplikasi yang dapat diunduh yang dapat dihadirkan oleh orang-orang yang telah mengikuti tes sebelum memasuki tempat untuk menunjukkan bahwa mereka bebas COVID-19, ujar manajemen Abbott seperti dikutip dari Reuters, Kamis (27/8/2020).

Tes antigen lebih murah dan lebih cepat daripada tes diagnostik molekuler tetapi ada kemungkinan gagal mengidentifikasi kasus positif corona daripada tes diagnostik berbasis laboratorium.

Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS. memberikan persetujuan menggunakan program otorisasi penggunaan daruratnya. Becton Dickinson and Co dan Quidel Corp sudah memasarkan tes antigen.

Amerika Serikat sekarang memiliki lebih banyak kasus virus korona daripada negara lain, lebih dari 5 juta, dan rumah sakit serta laboratorium telah berjuang untuk memenuhi permintaan untuk menguji ribuan orang.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading