Migrasi TV Analog ke Digital, Warga Rogoh Kocek Rp 150.000

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
17 December 2020 18:50
POTRET INDUSTRI PERTELEVISIAN INDONESIA (cover)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat bersiaplah untuk mengeluarkan dana Rp 150.000 ketika migrasi televisi (TV) analog ke digital. Dana ini untuk membeli Set Top Box (STB).

STB merupakan perangkat penerima siaran TV digital yang dapat dikoneksikan ke pesawat televisi. Migrasi TV analog ke digital ini akan memberikan kualitas gambar yang lebih bersih.

Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengatakan migrasi ini bukan berarti streaming lewat handphone atau berlangganan. Semua konsepnya masih sama.


"Antenanya masih sama, televisinya enggak usah ganti, perlu decorder sekitar Rp 150 ribu sekarang. Insya Allah akan lebih ekonomis lagi," ujar Geryantika Kurnia dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9, Kamis (17/12/2020).

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate mengungkapkan akan menyediakan 6,7 juta STB untuk rumah tangga yang tidak mampu untuk dukung proyek migrasi TV analog ke digital.

Siaran TV analog akan resmi berhenti pada 2 November 2022 dan digantikan oleh TV digital. Dirjen PPI Kementerian Kominfo, Ahmad Ramli menyebutkan pihaknya akan melakukan pengawasan kualitas layanan di sektor telekomunikasi, pos dan penyiaran.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading