Top! Yuan Digital Bisa Buat Belanja Online e-Commerce China

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 December 2020 16:36
yuan digital

Jakarta, CNBC Indonesia - JD.com mengumumkan platformnya sudah menerima mata uang digital China, Yuan Digital sebagai alat pembayaran. Cabang usahanya di bidang fintech, JD Digits akan menerima Yuan Digital pada beberapa produk di mall online tersebut.

Dengan masuknya Yuan Digital, JD.com menjadi platform pertama di China yang menerima mata uang digital itu, dikutip Reuters, Senin (7/12/2020).

Selain itu Yuan Digital juga dibagi-bagi kepada masyarakat dalam program uji coba giveaway mata uang pada masyarakat Suzhou, di dekat Shanghai.


Dalam program Suzhou, pemerintah kota dan Bank Rakyat China atau PBOC memberikan 200 amplop merah berisi Yuan Digital. Terdapat 100 ribu konsumen yang beruntung terpilih lewat undian.

Program bagi-bagi uang ini jadi kali kedua dilakukan PBOC. Sebelumnya bank itu mengeluarkan uang digital senilai 10 juta Yuan pada 50ribu masyarakat di selatan Shenzhen. Masyarakat Shenzhen yang mendapatkannya uang digital itu juga melalui proses undian.

Gubernur PBOC, Yi Gang menyatakan bulan lalu lebih dari 2 miliar Yuan telah dihabiskan menggunakan mata uang digital. Semuanya terbagi dalam 4 juta transaksi terpisah.

Yuan Digital dianggap jadi salah satu mata uang digital bank sentral paling canggih di dunia. Sementara untuk Bitcoin dan Libra Facebook, dianggap menjadi ancaman mata uang dari sektor swasta.

Libra telah diperkenalkan Facebook pada 2019 lalu. Direncanakan untuk dirilis Semester 1 2020, namun akhirnya tertunda karena banyak tentangan dari bank sentral di sejumlah negara dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading