Wow! Sinovac Disuntik Rp 7,2 T Buat Produksi Vaksin Corona

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 December 2020 15:37
A worker inspects vials of SARS CoV-2 Vaccine for COVID-19 produced by SinoVac at its factory in Beijing on Thursday, Sept. 24, 2020. A Chinese health official said Friday, Sept. 25, 2020, that the country's annual production capacity for coronavirus vaccines will top 1 billion doses next year, following an aggressive government support program for construction of new factories. (AP Photo/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sinovac Biotech baru saja mendapatkan suntikan dana US$515 juta atau Rp7,2 triliun. Produsen vaksin Covid-19 itu mendapatkan dari perusahaan lokal China bernama Sino Biopharmaceutical Limited.

Sinovac menyatakan suntikan dana itu diharapkan bisa menggandakan kapasitas produksi vaksin, dikutip Reuters, Senin (7/12/2020).

Dana ini datang tak lama setelah Sinovac memperluas kesepakatan pasokan dan ujicoba vaksin CoronaVac dengan lebih banyak negara yang mendapatkan hasil positif dari uji klinik tahap awal hingga menengah.


Indonesia menjadi salah satu yang mengamankan pasokan CoronaVac itu. Selain itu ada juga Turki, Brasil, dan Chili serta Fillipina yang sedang dalam tahap pembicaraan.

CoronaVac merupakan salah satu dari tiga vaksin Covid-19 China yang telah digunakan dan disuntikkan ke sekitar 1 juta warga China di bawah program darurat.

Sino menyatakan dana ini akan diinvestasikan pada anak usaha Sinovac, Sinovac Life Sciences dengan tujuan untuk mengembangkan produksi CoronaVac. Setelah suntikan dana, Sino memiliki saham 15,03% di Sinovac Life Science.

Dalam kesempatan terpisah, Sinovac menyatakan telah menyiapkan untuk memproduksi 300 juta dosis vaksin tiap tahunnya. Pada akhir 2020, perusahaan juga akan meningkatkan fasilitas kapasitas produksi menjadi 600 juta dosis.

Diberitakan sebelumnya jika Indonesia telah kedatangan 1,2 juta dosis vaksin dari Sinovac Minggu malam (6/12/2020). Vaksin itu juga telah dilakukan uji secara klinis di Bandung pada Agustus.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading