Menkominfo Bicara Soal Pembangunan Infrastruktur 5G RI

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
04 December 2020 14:47
Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam konferensi pers virtual dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (06/07/2020). - (Indra Kusuma)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kominfo, Johnny Plate mengatakan jika pemerintah menganut prinsip bebas aktif untuk kerja sama termasuk dalam pembinaan sektor telekomunikasi.

"Secara umum Indonesia menganut prinsip bebas aktif dan mengedepankan kepentingan nasional, termasuk dalam pembinaan sektor telekomunikasi," kata Johnny kepada CNBC Indonesia, Jumat(4/12/2020).

Sebelumnya dikabarkan jika Huawei melakukan kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam bidang 5G. Pihak Huawei Indonesia sendiri membantah dan menyatakan jika kolaborasi dilakukan dalam pengembangan talenta di sektor AI dan Cloud.


Johnny sendiri menyatakan soal 5G, Indonesia memagari kepentingan nasional dengan merumuskan aturan yakni RUU Perlindungan Data Pribadi dan RUU Keamanan Siber. Selain itu juga perangkat telekomunikasi yang beredar dan digunakan di Indonesia harus mendapatkan sertifikasi setelah dinyatakan memenuhi persyaratan teknis yang telah ditentukan Pemerintah.

Untuk penggunaan spektrum frekuensi jaringan 5G, Johnny mengaku telah sejalan dengan yang dilakukan di internasional.

"Dari sisi penggunaan spektrum frekuensi, Indonesia telah in-line dengan best practice internasional dalam bentuk kebijakan netral teknologi. Hal ini diterapkan agar Indonesia adaptif terhadap kemajuan teknologi global," kata dia.

Soal vendor jaringan, akan dikembalikan kepada preferensi masing-masing operator telekomunikasi tanah air. Johnny menambahkan yakni dengan memperhatikan regulasi yang telah ada di Indonesia.

"Adapun pemilihan vendor, merupakan preferensi dari operator telekomunikasi itu sendiri yang tentunya akan memperhatikan kaiddah regulasi di Indonesia. Dengan tetap mengedepankan efisiensi yang paling optimal, baik dari sisi harga, kualitas maupun risiko keamanan," ungkap Johnny.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading