Huawei Sudah Deal dengan RI Kembangkan 5G?

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
03 December 2020 20:07
In this Nov. 20, 2019, photo, people stand outside of a Huawei store at a shopping mall in Beijing. The founder of Huawei says the Chinese tech giant is moving its U.S. research center to Canada due to American restrictions on its activities. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

Jakarta, CNBC Indonesia - Huawei dikabarkan telah menandatangani perjanjian dengan Indonesia untuk mengembangkan talenta di bidang teknologi dan yang terkait 5G. Ini akan jadi kali pertama kerja sama dilakukan oleh pemerintah Indonesia.

"Dengan bantuan Huawei, kami mengharapkan bisa meningkatkan kualitas sumber daya hingga tingkat internasional," ungkap seorang sumber yang dekat dengan kantor presiden, dikutip dari Nikkei Asia Review, Kamis (3/12/2020).

Dilaporkan jika Huawei akan melatih 100 ribu orang untuk ahli di dunia teknologi digital. Misalnya dalam sektor cloud serta 5G.

Dalam kerja sama itu juga Huawei akan menyebarkan kemampuan internal dalam pelatihan karyawannya.

Selain itu, Huawei dikabarkan juga bekerja sama dengan pemerintah dalam mendorong pengembangan kecerdasan buatan dan juga jaringan 5G.

Perusahaan itu berkerja sama teknologi dengan salah satu operator tanah air Indosat Ooredoo. Keduanya akan menyediakan infrastruktur 5G di Jakarta dan wilayah lainnya.

Jaringan itu akan didukung standar yang meningkatkan konektivitas disebut SRv6. Indonesia terpilih menjadi situs pengaplikasian pertama SRv6 di wilayah Asia-Pasifik.

Sebelum Huawei, Nokia dan Ericsson sudah melakukan uji coba untuk jaringan 5G di tanah air. Namun seorang sumber yang dekat dengan Telekomunikasi Indonesia menyatakan jika Huawei memberikan harga yang lebih murah.

"Peralatan Huawei lebih murah 20 hingga 30% dan kualitasnya juga terus maju," ujar dia.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading