Tugas Jokowi ke Johnny Plate: Siapkan Internet di 12.500 Desa

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 August 2020 13:53
Gerai warung kopi di Tangerang Selatan menyediakan fasilitas internet gratis untuk membantu para pelajar mengikuti belajar daring. Kamis, (30/7/20). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Warung kopi (warkop) di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, sediakan internet gratis untuk siswa yang kesulitan mengikuti proses belajar daring.

Rizki, selaku pemilik warung kopi mengaku tergerak untuk membantu para siswa di sekitar tempat usahanya lantaran banyak yang kesulitan mengikuti kegiatan belajar jarak jauh karena kesulitan membeli kuota internet, atau bahkan hanya memiliki satu ponsel yang digunakan orangtua mereka untuk bekerja.   

Kita kan baru mulai hari ini, alhamdulillah cukup tinggi antusiasnya. Karena kebanyakan orangtuanya cuma punya satu ponsel. Kayak yang kerjanya ojol, jadi dibawa buat tarik penumpang,

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendapatkan instruksi khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala negara meminta yang bersangkutan untuk mempercepat layanan internet di pedesaan.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan perencanaan transformasi digital di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Percepatan penyediaan layanan internet di 12.500 desa atau kelurahan serta di titik layanan publik" kata Jokowi, Senin (3/8/2020).


Jokowi meminta kepada jajarannya untuk merancang sebuah peta jalan transformasi digital di sejumlah sektor strategis baik itu di sektor layanan publik, sosial, pendidikan, perdagangan, hingga kesehatan maupun industri.

"Jangan sampai infrastruktur digital yang sudah kita bangun justru utilitasnya sangat rendah. Kemudian, percepat integrasi pusat data nasional. Saya kira ini juga sudah kita bicarakan," katanya.

Terakhir, eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar persoalan yang berkaitan dengan regulasi maupun skema pendanaan untuk transformasi digital untuk segera disiapkan agar kebijakan ini bisa segera di eksekusi.

"Kita tahu bahwa pandemi Covid ini harus bisa kita jadikan momentum untuk melakukan percepatan transformasi digital. Karena di masa pandemi maupun next pandemi, mengubah secara struktural, cara kerja, cara beraktivitas, cara berkonsumsi," katanya.

"Cara belajar, cara bertransaksi yang sebelumnya offline dengan kontak fisik menjadi lebih banyak ke online dan digital. Perubahan seperti ini perlu segera diantisipasi, disiapkan, direncanakan secara matang," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading