Prediksi Terbaru Kapan Pandemi Berakhir dan Hidup Normal Lagi

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
26 November 2020 15:16
Dr. Moncef Slaoui, chief adviser to Operation Warp Speed, speaks in the Rose Garden of the White House, Friday, Nov. 13, 2020, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)

Jakarta, CNBC Indonesia - Chief Science Advisor Operation Warp Speed Moncef Slaoui mengungkapkan warga AS bisa berharap 'hidup kembali normal' pada musim panas 2021. Hal ini karena sudah dijalankan vaksinasi Covid-19.

"Kami berharap dapat melakukan vaksinasi 70%-80% dari populasi AS pada Mei atau Juni 2021, jadi saya berharap musim panas ini, secara substansial kita sudah kembali hidup normal," ujarnya seperti dikutip dari CNBC International, Kamis (26/11/2020).

Keyakinan ini muncul karena data uji klinis vaksin Covid-19 yang cukup menjanjikan. Pfizer mengungkapkan data akhir uji klinis vaksinnya memiliki keampuhan hingga 95% lawan Covid-19.


Data interim Moderna juga menunjukkan keampuhan 94% dalam melawan Covid-19. Kedua perusahaan ini sedang menunggu izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 dari Food and Drug Administration AS.

Moncef Slaoui mengungkapkan pihaknya akan mengetahui kemanjuran serta keamanan dari vaksin dalam waktu singkat ini. "Yang tidak banyak kita ketahui adalah keamanan vaksin dalam jangka panjang," ujarnya.

Operation Warp Speed adalah program pemerintah AS untuk memfasilitasi dan mempercepat pengembangan, pembuatan, dan distribusi vaksin, terapi dan diagnistik Covid-19.

Lembaga ini dimodali pemerintah AS sebesar US$10 miliar dan sudah memberikannya kepada beberapa produsen vaksin dan obat Covid-19. Diantaranya Johnson & Johnson, AstraZeneca, Moderna, Novavax, Merck dan IAVI, serta Sanofi dan GlaxoSmithKline.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading