Kapan Vaksin Covid Ciptakan Herd Immunity, Ini Prediksi Citi

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
24 November 2020 17:23
Dokter memperagakan proses vaksinasi saat simulasi pemberian vaksin di Puskesmas Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10). Pemerintah Kota Depok akan menggelar simulasi pemberian vaksin corona. Pemberian vaksin idealnya sebanyak 60 persen dari jumlah penduduk Kota Depok. Adapun yang hadir bukanlah warga sungguhan yang hendak divaksin. Hanya perwakilan dari Pemkot Depok saja. Terdapat sejumlah tahapan alur yang akan diterapkan Pemerintah Kota Depok dalam pemberian vaksin. Orang yang masuk dalam kriteria mendapat vaksin akan diundang untuk datang ke puskesmas. Nantinya mereka duduk di ruang tunggu dengan penerapan protokol kesehatan. Mereka kemudian menunggu giliran dipanggil petugas. Setelah itu masuk ke ruangan untuk disuntik vaksin. Orang yang telah divaksin akan diregistrasi petugas guna memantau perkembangannya secara berkala.  (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Citi Research memprediksi kekebalan kelompok atau herd immunity dari virus Corona baru akan tercipta dari vaksin Covid-19 yang telah ditemukan. Lantas kapan pandemi akan berakhir?

Analisis Citi Research mengungkapkan herd immunity kemungkinan belum akan terbentuk pada akhir 2021. Herd Immunity terjadi ketika cukup banyak penduduk bui mengembangkan perlindungan terhadap penyakit, dan tidak dapat lagi menyebarkan penyakit dengan mudah dalam komunitas.

Negara kaya atau negara maju kemungkinan yang pertama akan mendapatkan herd immunity. Ini karena negara maju agresif memesan vaksin Covid-19 eksperimental yang sedang dikembangkan.


Saat ini ada tiga vaksin Covid-19 potensial yang data awalnya menunjukkan kemanjuran lawan Covid-19. Yakni: AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna. Citi Research memprediksi ketiga akan dapat izin penggunaan darurat pada Desember 2020 atau Januari 2021 sehingga vaksin dapat segera didistribusikan.

Citi Research mengatakan negara-negara maju telah mengamankan 85% vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan. Negara-negara seperti AS, Inggris, Jepang, Kanada, Australia, dan Uni Eropa bahkan telah memesan vaksin melebihi populasi mereka.

Itu berarti negara-negara maju utama dapat memulai distribusi vaksin yang lebih luas pada kuartal kedua atau ketiga tahun depan, dan membentuk herd immunity pada tiga bulan terakhir tahun 2021.

"Kebanyakan orang, yang mencari vaksin, mungkin divaksinasi setidaknya pada akhir 2021," tulis Citi Research, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (24/11/2020).

Pertumbuhan Ekonomi dan Penerimaan Vaksin Covid-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading