BRI Ventures Dapat Modal Rp 150 M, Salah Satunya dari Grab

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
25 November 2020 12:21
'Sembrani Nusantara' Program BRI Ventures yang Menyasar Startup Finteh (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - BRI ventures mengumumkan telah berhasil menggalang dana sebesar Rp 150 miliar dari sejumlah investor termasuk startup decacorn Grab, melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara.

Selain Grab Holding, dana ini juga didapatkan dari modal ventura Celebes Capital, Fazz Financial Group, Investree, dan investor bisnis terkemuka Pandu Sjahrir.

BRI Ventures merupakan perusahaan modal ventura (CVC) milik Bank BRI. Pada Juni lalu BRI Venture meluncurkan unit bisnis baru bernama Dana Ventura Sembrani Nusantara yang akan memberikan suntikan modal pada startup potensial.


Dana Ventura Sembrani Nusantara melirik area investasi di luar sektor teknologi finansial ( fintech) dan juga berfokus kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Grab merupakan salah satu unicorn yang percaya dengan kearifan lokal Indonesia dalam menumbuhkan ekosistem yang sejalan dengan tesis investasi kami untuk Sembrani Nusantara, dan tentunya akan membawa investasi Indonesia ke panggung dunia," jelas CEO BRI Ventures Nicko Widjaja dalam keterangan resmi, Rabu (25/11/2020).

Sementara itu, investor lainnya Pandu Sjahrir membawa pengalaman puluhan tahun dan jaringan bisnis di Indonesia. Selain merupakan Direktur dari perusahaan produsen batubara termal terbesar Toba Bara, Pandu juga menjabat sebagai Direktur Pelaksana Indies Capital Partners dan Anggota Dewan Direktur di dua Perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yaitu SEA dan Gojek.

Struktur dari Dana Ventura Sembrani Nusantara adalah Kontrak investasi Bersama (KIB) yang mirip dengan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dalam Reksadana yang sudah dikenal secara umum dan diawasi oleh OJK.

Nicko juga menambahkan, "Mengingat tujuan bersama kami adalah mendukung ekosistem digital lokal dan membangun Perusahaan rintisan yang layak IPO, kami menyadari bahwa Dana Sembrani Nusantara dapat berperan lebih aktif dalam lanskap pendanaan lokal di masa depan dan membangun industri modal ventura yang bersaing dengan Singapura."

"Team kami bekerja secara paralel: fundraising dan due diligence . Pandemi ini terus terang membuat kami semua menjadi lebih kreatif dan produktif. Hingga saat ini sudah ada dua startup local champions yang bergabung ke dalam portfolio Dana Ventura Sembrani Nusantara. Tunggu saja pengumumannya dalam waktu dekat", akhirnya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading