Usai Suntik Bukalapak, BRI Ventures Incar Startup Apa?

Tech - roy, CNBC Indonesia
16 April 2021 17:05
CEO BRI Ventures Nicko Widjaja (Dok. BRI Ventures)

Jakarta, CNBC Indonesia - BRI Ventures baru saja mengumumkan suntikan dana kepada Bukalapak. BRI Ventures bergabung dalam putaran pendanaan terbaru Bukalapak yang dibuka sejak akhir tahun lalu.

Investasi strategis ke Bukalapak ini karena BRI Ventures menganggap ini sejalan dengan misi BRI Group untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang diyakini akan menjadi pembangkit ekonomi nasional pada masa mendatang.

Usai suntikan dana ke Bukalapak, startup atau perusahaan apa saja yang disuntik BRI Ventures? CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan pihaknya akan fokus pada penyuntikkan modal pada startup atau perusahaan yang membantuk perkembangan UMKM di Indonesia.


Salah satu startup yang masuk radar anak usaha BRI ini adalah fintech atau perusahaan teknologi jasa keuangan. Alasannya tidak ada sektor yang hari ini bisa lepas dari fintech. Bahkan perusahaan non-fintech kini menjalankan embeded finance. Contohnya seperti Gojek dengan GoPay atau Grab dengan OVO.

"Kami dari awal melihat fintech sebagai engine off growth (mesin pertumbuhan) di industri perbankan. Kita juga melihat perusahaan yang terkait dengan sektor keuangan," terangnya.

Selain itu, lanjut Nicko Widjaja, dalam menyuntikkan dana ke startup, BRI Ventures juga akan melihat perkembangan bisnis perusahaan dan margin yang sehat serta keberlanjutan perusahaan di masa mendatang.

"Kami ingin perusahaan yang kami suntik dana tidak hanya menciptakan valuasi besar tetapi juga dampak positif bagi Indonesia. Ini pelajaran yang berharga yang kami dapatkan dari pandemi Covid-19," terangnya.

"Konsep venture capital lama yang membesarkan valuasi perusahaan kemudian menjualnya kini sudah tidak cocok lagi. Sustainable (keberlanjutan bisnis) juga penting."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading