Setelah BRI Ventures, Mandiri Capital Suntik Modal Bukalapak

Tech - roy, CNBC Indonesia
16 April 2021 14:34
CEO Mandiri Capital Eddi Danusaputro

Jakarta, CNBC Indonesia - Mandiri Capital Indonesia (MCI), perusahaan modal ventura Bank Mandiri, baru saja berpartisipasi dalam putaran pendanaan Bukalapak, salah satu platform e-commerce Indonesia. Investasi strategis ini dilakukan bersama dengan Microsoft, Standard Chartered, dan BRI Ventures sebagai co-investor.

Partisipasi tersebut sejalan dengan visi masing-masing perusahaan dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bangsa. Saat ini, Bukalapak memiliki lebih dari 13,5 juta UMKM dalam ekosistem pedagang online dan offline (Mitra Bukalapak).

Bukalapak dan Mandiri Group telah menjalin berbagai kemitraan terkait dengan layanan keuangan digital termasuk produk investasi di BukaReksa, produk pembiayaan di BukaMotor dan BukaMobil, pembukaan akun Mandiri melalui Mitra Bukalapak, dan juga mitra eksklusif BukaRumah untuk saat ini (fitur tanpa batas yang memungkinkan pembeli untuk membeli rumah dengan Hak Tanggungan di Bukalapak).


"Kami percaya pada visi Bukalapak dalam memberdayakan UKM di Indonesia. Investasi ini menunjukkan niat Bank Mandiri Group dalam memperkuat kemitraan strategis kedua perusahaan saat ini (BukaRumah, BukaReksa, BukaMotor, BukaMobil) dan menjajaki jalan baru bagi Bank Mandiri dalam memberikan pembiayaan modal kerja kepada UMKM Indonesia," ujar Eddi Danusaputro, CEO Mandiri Capital Indonesia.

Sebelumnya, Reuters melaporkan Bukalapak mendapat suntikan dana US$234 juta atau setara Rp 3,4 juta pada putaran pendanaan baru yang dipimpin oleh Microsoft Sovereign wealth fund GIC Singapura dan konglomerat Emtek. Putaran pendanaan ini juga diikuti oleh SC Ventures, cabang investasi dari Standard Chartered, dan Naver Corp. portal web dari Korea Selatan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading