Keren Banget! Ada 'Pom Bensin' di Luar Angkasa Lho

Tech - roy, CNBC Indonesia
19 November 2020 13:51
Nasa. (Gambar milik NASA dan Stasiun Luar Angkasa Internasional Laboratorium Nasional AS) Foto: Nasa. (Gambar milik NASA dan Stasiun Luar Angkasa Internasional Laboratorium Nasional AS)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orbit Fab, startup asal Amerika Serikat (AS), bersiap untuk membangun depot bahan bakar di luar angkasa. Hal ini akan terealisasi setelah perusahaan menandatangani kesepakatan dengan Spaceflight Inc untuk mengirimkan mikrosatelit pertama ke orbit pada 2021.

Berdasarkan perjanjian itu, depot bahan bakar operasional pertama Orbit Fab bernama Tanker-001 Tenzing akan diluncurkan menggunakan SpaceX Falcon 9 pada awal Juni 2021. Tanker-001 Tenzing dijadwalkan diluncurkan dengan kendaraan transfer orbital Sherpa-FX Spaceflight.

CEO Orbit Laps Daniel Faber mengatakan Tanker-001 Tenzing akan menyimpan propelan hijau (bahan bakar roket ramah lingkungan) di orbit sinkron matahari untuk mengisi bahan bakar pesawat ruang angkasa.


"Kami sedang membangun depo bahan bakar satelit operasional pertama di dunia," ujar Daniel Faber seperti dikutip dari Space News, Kamis (19/11/2020). "Tidak ada yang membeli bahan bakar di orbit karena tidak ada yang menjualnya."

"Kami melakukan inventarisasi ke orbit sebagai demonstrasi dan sinyal komitmen kami untuk membawa bahan bakar yang berbeda ke orbit yang berbeda."

Orbit Fab adalah startup yang didirikan pada 2018 dengan fokus untuk menyediakan bahan bakar roket yang dapat disimpan beserta teknologi yang diperlukan.

Orbit Fab bekerja dengan puluhan perusahaan dan lembaga pemerintah untuk mengembangkan salah satu teknologi itu yang bernama Rapidly Attachable Fluid Transfer Interface (RAFTI) yang juga dikenal sebagai Satellite Gas Cap.

Awal tahun ini Orbit Fab memenangkan kontrak sebesar US$3 juta dari angkatan udara AS untuk penerbangan RAFTI. Orbit Fab juga menerima hibah National Science Foundation US$ 250.000 untuk mengembangkan sistem docking satelit kooperatif.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading