Apple Pangkas Komisi App Store Jadi 15%, Tapi...

Tech - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
18 November 2020 18:46
Peluncuran Iphone X, Singapura/Doc.Apple

Jakarta, CNBC Indonesia - Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Apple Inc mengumumkan akan memangkas komisi (fee) yang dikenakan pada pengembang kecil yang menaruh aplikasinya di App Store.

Dilansir dari AFP,Rabu (18/11/2020), produsen iPhone itu mengatakan bahwa mulai tahun depan , pengembang yang menghasilkan penjualan kurang dari US$ 1 juta dari aplikasi di Appstore akan dikenakan fee 15% dari pendapatannya oleh Apple.

Apple mengatakan "sebagian besar" pengembang akan mendapatkan keuntungan dari Program Bisnis Kecil App Store - diluncurkan untuk memberikan dorongan kepada perusahaan selama pandemi.


"Bisnis kecil adalah tulang punggung ekonomi global kami dan jantung dari inovasi dan peluang dalam komunitas di seluruh dunia," kata CEO Apple Tim Cook.

Sementara untuk pengembang besar, Apple akan men-charge biaya yang sama. Saat ini Apple menarik fee 30% dari developer yang menjual aplikasi di toko aplikasi App Store.

Baru-baru ini Apple bersitegang dengan pengembang aplikasi game Fortnite, Epic Games karena fee 30% dianggap kemahalan dan membuat developer sulit berkembang dan harus memberikan biaya yang mahal ke pengguna.

Kasus ini sudah masuk ke ranah hukum dan pengadilan atas perselisihan ini tersebut diperkirakan baru akan dilaksanakan tahun depan.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading