Kabar Baik! Vaksin Sinovac Hasilkan Antibodi Lawan Covid-19

Tech - roy, CNBC Indonesia
18 November 2020 11:06
A worker inspects vials of SARS CoV-2 Vaccine for COVID-19 produced by SinoVac at its factory in Beijing on Thursday, Sept. 24, 2020. A Chinese health official said Friday, Sept. 25, 2020, that the country's annual production capacity for coronavirus vaccines will top 1 billion doses next year, following an aggressive government support program for construction of new factories. (AP Photo/Ng Han Guan)

Jakarta, CNBC Indonesia - Vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech berhasil memicu respons kekebalan tubuh dengan cepat. Ini merupakan data uji klinis yang dipublikasikan perusahaan, Rabu (18/11/2020).

Tingkat antibodi yang dihasilkan vaksin bernama CoronaVac ini lebih rendah daripada orang yang telah pulih dari virus corona baru tetapi para peneliti mengungkapkan hal itu cukup memberikan perlindungan yang cukup bagi pengguna.

Data ini merupakan hasil uji klinis fase 1 dan fase II vaksin Sinovac yang dipublikasikan dalam jurnal medis The Lancet Infectious Diseases. Uji ini melibatkan 700 relawan.


"Temuan kami menunjukkan CoronaVac mampu memicu respons antibodi yang cepat dalam empat minggu setelah imunisasi dengan memberikan dua dosis vaksin pada interval 14 hari," ujar Zhu Fengcai, salah satu penulis makalah itu, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (18/11/2020).

"Kami percaya bahwa hasil ini membuat vaksin [CoronaVac] cocok untuk penggunaan darurat selama pandemi."

Para peneliti mengatakan temuan dari uji klinis tahap akhir, atau uji coba Fase III, akan sangat penting untuk menentukan apakah respons kekebalan yang dihasilkan oleh CoronaVac cukup untuk melindungi orang dari infeksi virus corona. Sinovac saat ini menjalankan uji klinis Tahap III di Indonesia, Brasil, dan Turki.

Profesor Universitas John Hopkins Naor Bar-Zeev mengingatkan hasil harus diinterpretasikan dengan hati-hati sampai hasil uji klinis tahap akhir dipublikasikan. "Meski begitu, setelah uji klinis tahap akhir dan setelah perizinan, kita harus tetap berhati-hati," ujarnya.


Sinovac Alternatif Vaksin Covid-19 nan Menarik, Kenapa?

CoronaVac adalah satu dari tiga vaksin COVID-19 eksperimental yang telah digunakan China dan disuntikkan ke ratusan ribu orang di bawah program penggunaan darurat. Dua vaksin lainnya adalah CanSino dan Sinopharm.

Gang Zeng, seorang peneliti Sinovac yang terlibat dalam studi CoronaVac, mengatakan vaksin ini bisa menjadi pilihan yang menarik karena dapat disimpan di lemari es normal dengan suhu 2-8 derajat Celcius dan dapat tetap stabil hingga tiga tahun.

"Hal ini akan menawarkan beberapa keuntungan untuk distribusi ke daerah di mana akses ke pendinginan sulit," kata Gang Zeng.


(roy/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading