Berkah Hari Jomblo Bagi Alibaba: Penjualan Tembus Rp 793 T

Tech - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
11 November 2020 16:57
Workers sort international parcels at a cross-border e-commerce industrial park ahead of the Singles Day online shopping festival in Hefei, Anhui province, China November 2, 2019. Picture taken November 2, 2019. REUTERS/Stringer  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan e-commerce asal China, Alibaba mendapatkan banyak berkah dari event Singles Day. Di hari untuk para lajang di Negeri Tirai Bambu, transaksi di platform-nya tembus US$ 56 miliar (Rp 793 triliun, asumsi Rp 14.161/US$).

Alibaba mengungkapkan konsumen yang lelah akibat aturan penguncian (lockdown) di China telah memborong 16 juta lebih barang diskon.

Acara penjualan ini menjadi terbesar di dunia, melampaui Black Friday dan Cyber Monday di Amerika Serikat, dan berlangsung selama empat hari pada tahun ini. Sejauh ini, Singles Day telah mendatangkan penjualan 16 kali lebih besar berdasarkan nilai pesanan daripada Prime Day global selama dua hari dari Amazon.com pada Oktober lalu.


"Karena COVID-19, banyak orang China tidak bisa pergi ke luar negeri," kata Wakil Presiden Liu Bo kepada wartawan, dikutip dari Reuters. "Ini sebenarnya merangsang konsumsi online."

Sejauh ini, kinerja ini kemungkinan melegakan Alibaba Group Holding Ltd yang telah kehilangan sekitar 10% nilai pasarnya pada minggu lalu ketika regulator membatalkan rencana pencatatan saham peradna (IPO) fintech Ant Group.

Acara yang sudah diluncurkan sejak 2009 ini biasanya merupakan acara satu hari saja. Tahun lalu acara ini mencatat rekor GMV (transaksi dalam plaftorm) sebesar US$ 38,4 miliar. Tahun ini, Katy Perry muncul di pesta Alibaba, meskipun melalui live streaming.

Selain menawarkan diskon harga yang langsung, acara ini juga mempertemukan pembeli di berbagai platform Alibaba yang memainkan game seluler untuk mendapatkan penawaran, menggabungkan pembelian di seluruh toko, dan melakukan pemesanan pada jam-jam awal obral untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Pada 11 November, GMV telah melampaui 372,3 miliar yuan (US$ 56,3 miliar) dengan pesanan mencapai rekor 583.000 per detik, kata Alibaba. Lebih dari 2 juta produk ditampilkan dalam penjualan untuk pertama kalinya, dan total ini dua kali lipat tahun lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading