Bill Gates Sudah Prediksi Vaksin Pfizer Ampuh Lawan Covid-19

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
10 November 2020 16:36
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Rilis data awal vaksin Covid-19 buatan Pfizer memunculkan harapan pandemi corona segera berakhir. Kabar terakhir mengatakan vaksin tersebut efektif menangkal virus Covid-19 hingga lebih dari 90% tanpa adanya efek samping berbahaya.

Efektivitas vaksin hingga 90% tentu jadi kabar baik karena sejumlah ahli memperkirakan efektivitas vaksin hanya 75%. Sebelumnya Penasihat kesehatan Gedung Putih Anthony Fauci mengungkapkan vaksin dengan efektivitas minimal 50-60% yang bisa diterima manusia.

Chairman & CEOPfizer Albert Bourlamengatakan perkembangan terakhir tersebut menjadi hari yang indah bagi ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Efikasi final dari vaksin tersebut dikatakan aman.


"Hasil pertama dari uji klinis fase tiga uji vaksin mengindikasikan kemampuan vaksin kami untuk mencegah Covid-19," ujar Bourla dalam pernyataannya, seperti dikutip dari CNBC International, Selasa (10/11/2020).

Pfizer pun berencana untuk mengajukan penggunaan darurat vaksin kepada Food and Drug Administration (FDA) AS pada pekan ketiga November 2020.

Bagi pendiri Microsoft Bill Gates, vaksin Pfizer yang ampuh melawan Covid-19 bukan hal yang mengejutkan. Pasalnya, ia sudah memprediksi vaksin ini akan jadi salah satu senjata lawan corona.

Dalam acara All Markets Summit yang diselenggarakan Yahoo Finance pada 26 Oktober 2020, Bill Gates mengungkapkan dunia akan memiliki dua atau tiga vaksin Covid-19 tahun depan.

"Pfizer memiliki peluang bagus untuk menjadi yang pertama, mereka adalah perusahaan vaksin yang sangat berpengalaman dan merancang studi mereka dengan sangat baik," ungkap Bill Gates.

Berikutnya, vaksin AstraZeneca, Johnson and Johnson, Novavax, Moderna, dan Sanofi yang saat ini masih melakukan uji klinis fase kedua. Keenam vaksin ini sedang melakukan uji klinis di Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara lain.


(roy/wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading