Akun Twitter Trump Disebut Bisa Dibobol Hacker Dengan Mudah

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 October 2020 15:58
Infografis: Ini Bukti

Jakarta, CNBC Indonesia - Peneliti keamanan asal Belanda Victor Gevers mengaku bisa membobol akun twitter Presiden AS Donald Trump @realDonaldTrump dengan mudah. Caranya dengan menebak password.

Victor Gevers mengaku berhasil membobol akun twitter Trump pada percobaan kelima. Password akun twitter Trump adalah 'maga2020!'. Ia mengungkapkan bisa membobolnya karena akun itu tak dilindungi two-factor authentication.

Setelah berhasil masuk, ia mengirim email ke US-CERT, sebuah divisi siber Keamanan Dalam Negeri dan Badan Keamanan Infrastruktur (CISA), untuk memberitahukan penyimpangan keamanan itu. Tak lama berselang, password twitter @realDonaldTrump langsung diubah.


Namun pernyataan ini dibantah oleh Juru Bicara Gedung Putih Judd Deeree. "Ini tidak benar sama sekali, tetapi kami tidak bisa mengomentari proses keamanan di seputar akun media sosial Presiden," ujarnya kepada Fortune.

Twitter juga mengeluarkan pernyataan yang sama dengan Judd Deeree, dengan menyebut klaim tersebut tidak memiliki bukti yang kuat.

"Kami tidak melihat bukti yang menguatkan klaim ini, termasuk artikel yang diterbitkan di Belanda hari ini," ujar Juru Bicara Twitter.

"Kami secara proaktif menerapkan langkah-langkah keamanan akun untuk kelompok tertentu di Twitter terkait pemilihan umum di Amerika Serikat, termasuk pemerintah federal.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading