Tak Cuma Listrik, Sri Mulyani Janji Semua Desa Punya Internet

Tech - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
21 October 2020 20:11
Sri Mulyani Indrawati (Dok: Tangkapan layar Kemenkeu)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berjanji pemerintah terus mengejar rasio elektrifikasi hingga 100 persen. Menurutnya tak boleh ada desa yang tidak teraliri listrik.

Tak cuma itu, Sri Mulyani berjanji juga untuk mengaliri desa dengan jaringan internet.

"Pemerintah kejar rasio elektrifikasi 100 persen, tidak boleh satu desa yang tidak ada listrik. Kita juga harus kejar agar tidak ada 1 desa yang tidak terkoneksi dari internet. Ini jadi salah satu infrastruktur dasar terutama hadapi covid-19," papar Sri Mulyani di Acara HUT Goklkar ke-56, Rabu (21/10/2020).

Menurut Sri Mulyani, pemerintah telah melakukan langkah luar biasa dalam mendukung transformasi digital. Ia menegaskan pemerintah telah menyiapkan peta jalan alias roadmapĀ (peta jalan) transformasi digital di sektor strategis.

"Terutama di sektor pemerintahan, layanan publik, bansosĀ (bantuan sosial), sampai pendidikan dan perdagangan," terangnya.

Untuk mendukung digitalisasi, Sri Mulyani mengatakan dibutuhkan talenta SDM hingga 9 juta orang. Ini dibutuhkan dalam 15 tahun ke depan.

"Dalam hal ini harus disiapkan 600 ribu per tahunnya untuk SDM. Pemerintah juga harus investasi untuk pendidikan dalam rangka mempersiapkan transformasi digital," terang Sri Mulyani.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading