Tolong Pak Jokowi, 12.500 Desa RI Belum Dapat Akses Internet

Tech - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
12 November 2020 13:37
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan masih ada belasan ribu desa di Indonesia yang belum mendapatkan aksesĀ internet yang mumpuni.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam gelaran Indonesia Fintech Summit & Pekan Fintech Nasional yang disiarkan via kanal Youtube Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kamis (12/11/2020).

Dalam paparannya, dia mengungkapkan, transformasi digital tidak mungkin dilakukan tanpa menyelesaikan permasalahan infrastruktur digital. Terkait hal itu, Semuel bilang Kominfo sudah berencana menuntaskan permasalahan itu.



Akan tetapi, karena pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar penuntasan permasalahan itu lebih cepat alias diakselerasi, khususnya untuk penyelesaian infrastruktur digital.

"Saat ini ada 12.500 dari 80 ribu sekian desa dan kelurahan belum mendapatkan akses internet yang memadai atau tidak ada sama sekali. Ini yang akan kita selesaikan. Karena tanpa menyiapkan infrastruktur, apa yang kita akan bangun di ruang digital, khususnya untuk fintech, itu tidak akan bisa dirasakan sampai di masyarakat desa. Ini yang akan segera kita selesaikan," ujar Semuel.

Menurut dia, pemerintah tidak akan sendiri dalam menyelesaikan masalah ini. Pihak swasta juga akan diajak untuk masuk dan berpartner dengan pemerintah.

"Diharapkan 2022 ini semua desa sudah dapat terkoneksi dengan internet terutama 4G dan mobile," kata Semuel.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading