Wow! Softbank Investasi di Edutech Kahoot Rp 3 Triliun

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
13 October 2020 19:45
In this Oct. 8, 2019 photo, a person walks by a SoftBank shop in Tokyo. Japanese technology company SoftBank Group Corp. racked up a loss of 961.6 billion yen ($9 billion) for the fiscal year through March, on red ink related to its Vision Fund investments, including troubled office space-sharing venture WeWork. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Jakarta, CNBC Indonesia - Softbank masuk sebagai investor di startup edukasi asal Norwegia, yaitu Kahoot. Nilai investasinya US$ 215 juta atau lebih dari Rp 3 triliun. Dari investasi ini, Softbank mendapatkan 9,7% saham Kahoot.

Kahoot, yang berbasis di Oslo ini, setuju untuk menjual 43 juta sahamnya dengan nilai US$ 5 dolar per lembar kepada Softbank. Dana ini akan digunakan Kahoot untuk mengembangkan bisnisnya.

"Kami akan menambah serangkaian fitur digital, tujuannya untuk makin meningkatkan engagement dengan pengguna," kata CEO Kahoot, Eilert Hanoa, dilansir dari CNBC International, Selasa (13/10/2020).

Didirikan pada 2012, Kahoot merupakan startup penyedia jasa belajar berbasis game. Penggunanya bisa menciptakan sejumlah kuis di aplikasi ini. Bisnis lain Kahoot juga fokus pada kegiatan belajar di rumah yang saat ini memang permintaannya tinggi, akibat pandemi.



Selama pandemi belajar lewat teknologi atau Educational technology (edutech), memang tengah naik permintaannya. Sejumlah investor, seperti Microsoft, juga masuk dan berinvestasi ke sektor ini. Microsoft berinvestasi di startup Kano asal Inggris dengan nilai investasi US$ 1 juta.

Untuk Kahoot sendiri, sejak Juni 2020 telah mengamankan investasi US$ 28 juta. Perusahaan yang telah masuk ke bursa saham Oslo ini, harga sahamnya naik 150% sepanjang tahun ini.

"Kami telah mengakumulasi sekitar 8.000 pemegang saham baru," kata Eilert.

Berita soal masuknya Softbank membuat saham Kahoot naik 12% hari ini. Nilai pasar perusahaan ini mencapai US$ 2,2 miliar atau sekitar Rp 32 triliun.



[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading