Saat 45 Juta Warga RI Merasa 'Sakti', Kebal Covid-19

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 September 2020 09:15
Doni Monardo, Kepala Gugus Tugas Covid-19. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo angkat bicara terkait dengan 17% masyarakat di Indonesia yang masyarakat yang mengaku tak akan tertular Covid-19.

"Kalau 17% dari jumlah secara nasional, 270 juta orang, berarti sekitar 45 juta orang. Angka ini sangat besar, padahal kita semua tahu status yang kita hadapi sekarang pandemi," katanya di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Angka tersebut berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) terkait dengan perilaku masyarakat saat pandemi. Dia sangat menyayangkan ada orang yang masih berpikiran dan tak percaya akan pandemi.


"Artinya boleh dikatakan, tak ada satu jengkal tanah pun betul-betul aman bebas covid-19. Dalam waktu sangat cepat wabah ini bisa menulari," ujarnya.

Menurutnya, penularan Covid-19 bukan melalui hewan tapi dari manusia ke manusia. Adapun yang sudah sakit bisa antisipasi. "Masalahnya, mereka yang tanpa gejala tapi yang positif sebagai pembawa, 17% merasa tak terpapar, lantas ada orang terdekat positif cepat atau lambat akan tertular," katanya lagi.

Hal ini menjadi perhatian, bagaimana secara bersama, menggerakan seluruh instrumen pusat dan daerah melakukan kolaborasi pentahelix berbasis komunitas. Menurutnya, jika diri sendiri yang peduli, namun orang sekitar tak patuh aturan, maka besar kemungkinan bisa tertular.

"Yang menulari kita orang yang sangat dekat dengan kita, keluarga, teman. Ini yg perlu kita pahami. Setiap orang berpotensi menulari satu sama lainnya," pungkasnya.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading