Netflix Bikin Kuota Tekor, Ini Ultimatum Khusus Telkom

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
24 September 2020 18:55
FILE - This July 17, 2017, file photo shows a Netflix logo on an iPhone in Philadelphia.  Netflix's first Arabic original series, the supernatural teen drama

Jakarta, CNBC Indonesia - Dibukanya blokir Netflix pada Juli lalu, tak lantas membuat hubungan Telkom dan Neflix akur. Buktinya Telkom menyindir sikap Neflix yang dianggap merugikan.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan TelkomGroup senantiasa berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia, diantaranya melalui kemitraan dengan berbagai pihak termasuk penyedia konten.

"Kehadiran layanan Netflix di jaringan TelkomGroup tak lepas dari komitmen bersama dalam menyediakan konten berkualitas serta mengedepankan kepentingan dan kenyamanan pelanggan di Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (24/9/2020).


Menurut Telkom, seiring dengan meningkatnya pelanggan Netflix yang mengkonsumsi konten video streaming dengan kebutuhan bandwidth yang semakin besar, maka dibutuhkan upaya menjaga kualitas layanan tetap terjaga dengan baik agar para pelanggan tetap nyaman.

"Saat ini layanan Netflix membutuhkan akses ke luar Indonesia dengan bandwidth yang terus membesar dan mendominasi sehingga berpotensi menimbulkan ketidaknyamanan tidak hanya pada pengguna Netflix, namun juga pada pengguna konten internet lainnya," jelasnya.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membuat aktivitas lebih banyak dilakukan dari rumah (work and learn from home), masyarakat luas sangat membutuhkan akses internet terutama untuk kebutuhan pendidikan, bekerja, kesehatan dan layanan publik. Akses ini membutuhkan bandwidth yang besar, mengingat aplikasi yang diakses juga berupa video streaming seperti video conference, webinar dan e-learning.

"Sebagai upaya menjaga kepentingan masyarakat yang lebih luas serta mengantisipasi perkembangan layanan Netflix ke depan, Telkom telah mengimbau Netflix untuk bersedia menempatkan kontennya di Indonesia melalui layanan Content Delivery Network (CDN) milik TelkomGroup yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia," terangnya.

"Hal ini dilakukan demi kepentingan pelanggan agar dapat menikmati seluruh layanan konten, termasuk Netflix dengan nyaman dan berkualitas. Penyedia konten yang masuk ke pasar Indonesia pada umumnya telah menempatkan kontennya di Indonesia melalui layanan CDN sehingga masyarakat dapat mengakses dengan kecepatan dan kualitas tinggi."

"Melalui kerjasama penggunaan layanan CDN TelkomGroup oleh Netflix, Telkom juga bermaksud mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan kontribusi pajak dari penyedia layanan luar negeri."

Informasi saja, fenomena meningkatnya trafik layanan Netflix hingga mendominasi akses internet juga dirasakan berbagai negara. Di Amerika Serikat, Netflix akhirnya sepakat untuk membayar biaya interkoneksi kepada perusahaan telekomunikasi Comcast agar dapat mendistribusikan layanan video streamingnya lebih kencang dan stabil.

Sementara Uni Eropa mendesak Netflix dan platform streaming lainnya untuk menghentikan layanan video streaming high definition (HD). Australia juga mendesak Netflix untuk menurunkan kapasitas streaming videonya.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading