Corona Mudah Menyebar Lewat Udara, Jaga Jarak Minimal 2 Meter

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 September 2020 12:12
Investigasi Corona Virus di Indonesia. (CNBC Indoensia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pusat Pengendalian dan Pencegaha Penyakit AS (CDC) memperbaharui situsnya mengenai penyebaran virus corona. Lembaga ini menyebut virus corona mudah menyebar lewat udara dan menyarankan jaga jarak minimal 2 meter agar tak terinfeksi.

Dalam website yang diperbaharui, CDC menyebutkan virus corona umumnya dapat menyebar "melalui tetesan droplet pernafasan atau partikel kecil, seperti yang ada di aerosol," yang dihasilkan bahkan ketika seseorang bernafas.

"Virus di udara, termasuk Covid-19, termasuk yang paling menular dan mudah menyebar," tulis situs CDC, seperti dikutip dari CNN International, Senin (21/9/2020).


Sebelumnya, CDC menulis di situsnya bahwa Covid-19 diperkirakan menyebar terutama di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat - sekitar 6 kaki (2 meter) - dan "melalui droplet yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara."

Halaman tersebut, yang diperbarui Jumat pekan lalu, masih mengatakan Covid-19 paling sering menyebar antara orang-orang yang melakukan kontak dekat satu sama lain, dan sekarang mengatakan virus itu diketahui menyebar "melalui droplet atau partikel kecil, seperti yang ada di aerosol, yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, bernyanyi, berbicara atau bernapas.

Partikel ini dapat menyebabkan infeksi ketika "terhirup ke dalam hidung, mulut, saluran udara, dan paru-paru," tulis CDC. "Ini dianggap sebagai cara utama penyebaran virus."

"Ada bukti yang berkembang bahwa tetesan dan partikel di udara dapat tetap tertahan di udara dan dihirup oleh orang lain, dan menempuh jarak lebih dari 2 meter (misalnya, selama latihan paduan suara, di restoran, atau di tempat fitness)," ungkap CDC.

"Secara umum, lingkungan dalam ruangan tanpa ventilasi yang baik meningkatkan risiko ini."

CDC juga menambahkan langkah-langkah baru pada informasinya tentang melindungi diri sendiri dan orang lain. Sebelumnya, CDC menyarankan untuk menjaga "jarak sosial yang baik" sekitar 2 meter, mencuci tangan, rutin membersihkan dan mendisinfeksi permukaan benda dan menutupi mulut dan hidung dengan masker saat berada di sekitar orang lain.

Sekarang, dikatakan "jaga jarak minimal 2 meter dari orang lain, jika memungkinkan," dan menyarankan orang harus tinggal di rumah dan mengisolasi diri saat sakit, dan "menggunakan pembersih udara untuk membantu mengurangi kuman yang terbawa udara di ruang dalam ruangan."


[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading