Selain Vitamin, 3 Cara ini Tingkatkan Imun Tubuh Lawan Corona

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 September 2020 11:27
INFOGRAFIS, Vitamin Ini Efektif Lawan Virus Corona

Jakarta, CNBC Indonesia - Obat atau vaksin penangkal PandemiĀ Covid-19 belum ditemukan. Cara untuk menghindari penyakit Covid-19 saat ini adalah menjaga dan meningkatkan imun tubuh.

Imun tubuh perlu ditingkatkan agar tak sakit. Jadi selain menggunakan masker, jaga jarak dan sering cuci tangan, cara lain untuk mengakhir pandemi sebelum vaksin atau obat Covid-19 ditemukan adalah menjaga imun tubuh.

Penasihat Gedung Putih Anthony Fauci mengatakan virus Covid-19 dapat dilawan dengan vitamin D untuk mengurangi kerentanan terhadap infeksi dan vitamin C sebagai antioksidan yang baik.


"Jika Anda benar-benar ingin menjaga sistem kekebalan bekerja secara optimal, hiduplah dengan normal, hidup sehat ini jauh lebih baik daripada memberi diri suplemen apa pun," ujarnya seperti dikutip dari CNBC International,

Berikut adalah kebiasaan sederhana yang direkomendasikan Anthony Fauci:

Tidur

"Tidurlah yang cukup," kata Anthony Fauci.

Penelitian menunjukkan orang yang tidur kurang lebih dari enam jam semalam lebih mungkin terkena flu dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam semalam. Alasannya, saat tidur, tubuh menghasilkan protein yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi dan mengurangi peradangan, menurut Mayo Clinic.

Tetapi jika kurang tidur, tubuh akan lebih sulit melawan infeksi. Penelitian lain menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi seberapa baik tubuh manusia merespons vaksin.

Makan dengan baik

"Jalani diet yang baik," terang Anthony Fauci.

Ada bukti bahwa makan makanan seimbang yang mencakup berbagai vitamin dan mineral dapat membantu sel kekebalan berfungsi dengan baik. Di sisi lain, mengonsumsi makanan olahan tinggi (minuman manis, kue, keripik, dan daging makan siang) dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan yang sehat.

Meskipun satu makanan tertentu tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi seperti vitamin C, vitamin D, zink, selenium, zat besi, dan protein dapat membantu fungsi sel kekebalan.

Mengurangi stres

Tidak diragukan lagi sekarang adalah masa-masa sulit, tetapi "cobalah untuk menghindari atau mengurangi stres yang parah, yang kami tahu terkadang dapat mempengaruhi sistem kekebalan," kata Fauci.

Hormon stres menurunkan kemampuan tubuh manusia untuk melawan infeksi, membuat lebih rentan sakit. Stres jangka panjang (stres yang berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa tahun) telah terbukti "merusak sistem kekebalan," menurut American Psychological Association.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading