Internasional

Harapan Corona Berakhir dari Trump, Vaksin Hadir 1 Bulan Lagi

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
16 September 2020 10:52
Sekitar ratusan pendukung calon presiden petahana Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengikuti kampanye terbuka di Nevada. AP/Andrew Harnik Foto: Sekitar ratusan pendukung calon presiden petahana Amerika Serikat, Donald Trump, yang mengikuti kampanye terbuka di Nevada. AP/Andrew Harnik

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan vaksin corona akan segera hadir November. Optimisme itu ia sampaikan, Selasa (15/9/2020).

"Kita sangat dekat dengan vaksin," katanya pada sesi tanya jawab dengan pemilih di Pennsylvania yang disiarkan di ABC News, ditulis AFP.

"Kami dalam beberapa minggu setelah mendapatkannya, Anda tahu, bisa jadi tiga minggu atau empat minggu (lagi)."


Hal senada sebelumnya juga ditegaskan Trump kepada media Fox News. Ia berujar vaksin akan datang dalam empat atau delapan minggu ke depan.

Mantan pebisnis ini juga menegaskan kembali keyakinannya bahwa corona akan segera menghilang. AS sendiri saat ini menjadi negara dengan kasus terparah Covid-19, dengan kematian mencapai 200.000 orang.




Sementara itu, suara sumbang datang dari Demokrat, lawan politik Trump. Mereka menyebut Trump memberi tekanan ke regulator kesehatan untuk menyetujui vaksin.

Pasalnya, saat ini AS tengah di masa Pemilu Presiden. Ini dilakukan agar ia menang dari penantangnya Joe Biden 3 November nanti.

Sementaraahli penyakit menular AS Anthony Fauci mengatakan persetujuan vaksin lebih mungkin tahun depan. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menuturkan vaksin yang terburu-buru bisa berbahaya.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading