Internasional

Trump Sebut Vaksin Covid-19 Segera Tersedia Akhir Tahun Ini

Tech - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
04 May 2020 08:15
cover topik/dunia berlomba mencari vaksin virus corona dalam/Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia -Vaksin virus corona baru (Covid-19) dikatakan Presiden AS Donald Trump, bakal tersedia akhir tahun ini. Dalam sebuah wawancara di Fox News, ia menegaskan keyakinannya itu.

"Kami sangat yakin bahwa kita akan memiliki vaksin pada akhir tahun ini," katanya saat diwawancarai Fox News, Minggu (3/5/2020) waktu setempat, sebagaimana dikutip AFP.




Ia pun mengatakan akan senang jika ada negara lain yang mampu mengalahkan para peneliti AS. Bahkan akan "mengangkat topi" jika itu terjadi.

"Aku tidak peduli, aku hanya ingin mendapatkan vaksin yang berfungsi," tegasnya.

Trump mengatakan hal ini seraya meminta semua negara bagian menarik aturan pembatasan sosial (social distancing) pada aktivitas sekolah dan universitas mulai September.

"Saya ingin mereka kembali," ujarnya.



Sebelumnya, perusahaan farmasi yang berbasis di AS, Pfizer, mengatakan akan menguji vaksin Covid-19 buatannya ke manusia pekan ini. Hasil studi diharapkan bisa disampaikan bulan depan.

Sehingga, jika berhasil vaksin bisa diberikan musim gugur, yang umumnya dimulai September di AS. Pfizer telah menginvestasikan US$ 650 juta untuk mengembangkan dan memproduksi vaksin.

WHO mengatakan sudah ada lebih dari 120 vaksin yang dikembangkan untuk Covid-19 di seluruh dunia. Di mana enam di antaranya sudah masuk tahap uji klinis.



[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading