Indonesia Mau Herd Immunity Maret 2022? Contohlah India!

Tech - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
22 March 2021 17:40
Warga lansia memeriksa kesehatan sebelum menerima vaksinasi Covi-19 di Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (10/3/2021). Kementerian BUMN menggelar Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19 bagi lansia untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional demi mencapai target satu juta vaksin per bulan. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia adalah salah satu negara Asia yang paling awal mengelar vaksinasi anti-virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19). Kini Indonesia berada di peringkat ketiga di Asia dalam hal kecepatan vaksinasi.

Our World in Data mencatat, jumlah vaksin yang sudah disuntikkan ke lengan rakyat Indonesia per 20 Maret 2021 adalah 7,84 juta dosis. Di level Asia, Indonesia hanya kalah dari China (70 juta dosis) dan India (44,6 juta dosis).


Sementara di tingkat dunia, Indonesia berada di peringkat 12. Kecepatan vaksinasi di Indonesia lebih baik ketimbang negara-negara maju seperti Italia, Spanyol, hingga Kanada.

vaksinSumber: Our World in Data

Target program vaksinasi adalah untuk mencapai kekebalan kolektif (herd immunity). Ini bisa tercapai jika sebagian besar (setidaknya 60%) penduduk sudah diimunisasi dan membentuk kekebalan melawan virus yang awalnya mewabah di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat China tersebut.

Setiap negara punya target herd immunity masing-masing. Untuk Indonesia, pemerintah menargetkan herd immuity bisa tercapai pada Maret 2022.

Nah, untuk mencapai herd immunity yang penting adalah berapa dosis vaksin yang disuntikkan setiap harinya. Di sinilah Indonesia masih agak kurang.

Halaman Selanjutnya --> Kalau Bisa Kayak India, Indonesia Bisa Herd Immunity 17 Agustus 2021

Kalau Bisa Kayak India, Indonesia Bisa Herd Immunity 17 Agustus 2021
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading