Erick Thohir: Vaksin Merah Putih Mulai Diproduksi 2022

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
11 September 2020 18:06
Infografis: Fakta Vaksin Covid19 di Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus mencari penambahan pasokan vaksin Covid-19 sehingga seluruh penduduk Indonesia bisa divaksinasi tahun depan. Kerja sama yang dilakukan mulai dari perusahaan China hingga Amerika, baik itu lembaga kesehatan publik maupun swasta.


Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan hingga tahun depan pemerintah telah mengamankan sebanyak 340 juta dosis vaksin untuk masyarakat. Namun jumlah ini masih kurang karena satu orang harus mendapatkan dua suntikan untuk memastikan vaksin dapat bekerja.


"Karena itu kami juga sejak awal melakukan penjajakan dengan CEPI, WHO, kemarin Menker juga tanda tangan dengan Unicef, tentu juga dengan lainnya seperti dengan AstraZeneca, CanSino, dan Pfizer. Ini kami jajaki," kata Erick dalam orasi ilmiah dalam Dies Natalis ke-63 Universitas Padjajaran secara virtual, Jumat (11/9/2020).


Bersamaan dengan itu proses vaksin Merah Putih juga terus berjalan dengan target pada 2022 mendatang vaksin ini akan mulai diproduksi. Proses uji klinis 1-3 diharapkan bisa dilaksanakan tahun depan.


"Kita menyampaikan bahwa vaksin Merah Putih ini prioritas. Dari informasi didapatkan. Insyaallah, uji-klinis 1 dan 2 bisa berjalan tahun depan sehingga di tahun 2022 kita mulai produksi vaksin merah putih, Insyaallah," imbuhnya.

Dia mengungkapkan, vaksin milik Sinovac yang saat ini sedang dalam tahap uji klinis 3, diharapkan untuk mulai diproduksi pada tahun depan dengan komitmen awal sebanyak 20 juta dosis sudah tersedia akhir tahun ini.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading