Android 11 Resmi Rilis, Ini Daftar HP yang Dapat Updatenya

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
09 September 2020 11:34
Android 11

Jakarta, CNBC Indonesia - Google resmi menggulirkan sistem operasi Android 11 hari ini (9/9/2020). Tak seperti sebelumnya, peluncuran Android 11 ini sudah bisa dinikmati langsung oleh pengguna ponsel Pixel, OnePlus, Xiaomi, Oppo, dan Realme.

Android 11 sudah tersedia untuk didownload oleh pengguna smartphone Pixel 2, Pixel 3, Pixel 3A, Pixel 4 dan Pixel 4A. OnePlus mengkonfirmasi OS terbaru ini akan dihadir bagi pengguna OnePlus 8 dan OnePlus 8 Pro.

Pengguna ponsel Oppo X2 dan Oppo Reno 3 sudah dapat men-download Android 11 versi resmi. Begitu juga Realme X50 Pro, Xiaomi Mi 10 dan Xiaomi Mi 10 Pro.


Pengguna ponsel ini akan dikirimi update Android 11 dalam beberapa minggu ke depan sementara yang lainnya akan dapat update beberapa bulan lagi, seperti dilansir dari The Verge, Rabu (9/9/2020).

Android 11 menambahkan berbagai fitur baru ke sistem operasi seluler Google, namun sistem operasi teranyar ini lebih fokus pada mempermudah mengelola banyak hal yang sudah dapat dilakukan ponsel Anda.

Perubahan terbesar adalah bagaimana Android 11 menangani percakapan dengan mengelompokkan notifikasi dari aplikasi perpesananĀ (chatting) dalam bentuk gelembung seperti gaya Facebook Messenger sehingga lebih mudah diakses. Ada juga kontrol media baru, antarmuka screenshot baru, menu kontrol smart home hingga setelan izin yang lebih ketat, dan banyak lagi.


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading