Nggak Mau M-Banking Dibobol? Catat 4 Tips Khusus Ini!

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
07 September 2020 15:08
BCA internet banking

Jakarta, CNBC Indonesia - Internet banking kini menjadi salah satu fitur transaksi perbankan yang paling banyak digunakan. Namun kamu juga harus terus berhati-hati untuk mengamankan transaksi agar rekening bank tidak dibobol.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan nasabah tak perlu khawatir bila dana dicuri penjahat melalui layanan pembayaran digital seperti internet banking atau mobile banking (m-banking) asal kesalahan bukan dari nasabah.

"Para pengguna jasa perbankan kalau itu bukan kesalahan Anda, jangan takut, bank khususnya BCA akan mengganti dana yang dicuri oleh penjahat atau hacker," ujarnya Jahja dalam Webinar CNBC Indonesia bertajuk "Sistem Pembayaran Digital Jadi Jurus Ampuh Saat Pandemi Covid-19 & Masa Depan", pekan lalu.


Namun bila pembobolan tersebut terjadi karena kelalaian nasabah, data tersebut berpotensi tak diganti bank. Bentuk kelalaiannya bisa dengan memberikan PIN atau kode m-banking ke orang lain. PIN atau password terlalu gampang ditebak seperti password 1234.

Nah, bagi kalian yang tidak ingin rekening dibobol, berikut tips bertansaksi internet banking yang aman dari BCA:

1. Akses internet melalui alamat resmi

Pastikan alamat internet banking yang mau kamu akses merupakan alamat yang asli. BCA memiliki alamat resmi internet banking www.klikbca.com

2. Jangan baikan PIN ke orang lain

Iya, PIN merupakan salah satu fitur keamanan dalam bertransaksi. Dengan adanya PIN maka transaksi yang dilakukan bisa diproses. Jika PIN jatuh ke tangan penjahat, rekening bank bisa dibobol.

3. Hati-hati melakukan transfer

Jangan lakukan transfer karena bujuk rayu seseorang. Lalu, pastikan transaksi transfer ke nomor rekening tujuan penerima transfer sudah benar.

4. Gunakan KeyBCA

Setiap nasabah BCA memiliki akun internet banking BCA akan memiliki KeyBCA. Ini digunakan untuk bertransaksi keuangan.


(roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading