Ini Dia Medsos Pertama di Dunia, Pernah Bikin Akunnya Gak?

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
06 September 2020 08:00
FILE PHOTO: The Twitter application is seen on a phone screen August 3, 2017. REUTERS/Thomas White

Jakarta, CNBC Indonesia - Di era modern dan tingginya penetrasi internet saat ini membuat keberadaan media sosial (medsos) menjadi hal yang lumrah dimiliki orang-orang.

Namun, tahukah Anda apa nama medsos yang pertama kali ada? Facebook? Bukan dong. Facebook baru diciptakan pada 4 Februari 2004 ketika pertama kali dibikin oleh Mark Zuckerberg dibantu oleh Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Nah, mari kita bedah bersama.


Sebagaimana dilansir DetikInet, diketahui teknologi mulai berkembang dengan cepat di abad ke-20. Setelah komputer berhasil tercipta di 1940-an, ilmuwan dan insinyur mulai membangun jaringan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Inilah yang menjadi cikal bakal internet.

Bentuk paling awal dari internet seperti CompuServe dikembangkan pada 1960-an. Email atau surat elektronik yang jadul juga tersedia di kisaran waktu yang sama.

Barulah di tahun 1970-an, jaringan internet makin mutakhir dan dapat menghubungkan banyak orang. Di 1979, pengguna UseNet mulai bisa berkomunikasi melalui surat kabar virtual.

Terus kapan dong media sosial tercipta?

Tahun 1980-an, komputer sudah menjadi hal yang umum dan media sosial jadi sangat digemari. Mulai ada Internet Relay Chat (IRC) dan berlanjut semakin populer hingga 1990.

Media sosial pertama kali yang diketahui adalah Six Degrees, diciptakan pada 1997 atau 23 tahun silam. Situs ini mengizinkan pengguna mengunggah foto profil dan saling berteman dengan user lain. Di tahun 1999, blog mulai ramai dikembangkan.

Melansir Small Biz Trends, setelah penemuan blog, media sosial mulai meledak popularitasnya. Situs-situs seperti MySpace dan LinkedIn menjadi terkenal di awal tahun 2000-an. Begitu pula situs seperti Photobucket dan Flickr yang memfasilitasi untuk berbagi foto secara online.

YouTube baru keluar pada tahun 2005, menciptakan cara baru bagi orang-orang untuk berkomunikasi dan berbagi satu sama lain dalam jarak yang sangat jauh.

Pada tahun 2006, Facebook dan Twitter tersedia untuk pengguna di seluruh dunia. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh Jack Dorsey.

Situs-situs ini tetap menjadi jejaring sosial paling populer di Internet. Media sosial seperti Tumblr, Foursquare, Pinterest, dan Instagram akhirnya ikut bermunculan setelahnya.

Jadi, buat Anda yang masih generasi 90-an, pernah gak kalian punya akun di Six Degrees?


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading